Perkembangan Pondok Pesantren Darul Ihsan di Kampung Tambak Baya Desa Dano Kecamatan Leles Kabupaten Garut Tahun 1991-2008.

Aliffahrini, Aliffahrini (2011) Perkembangan Pondok Pesantren Darul Ihsan di Kampung Tambak Baya Desa Dano Kecamatan Leles Kabupaten Garut Tahun 1991-2008. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)

Abstract

Pesantren merupakan salah satu lembaga keagamaan yang identik dengan makna keislaman. Pesantren menunjukan vitalitasnya sebagai lembaga pendidikan yang turut serta berperan mencerdaskan kehidupan bangsa baik dalam segi agama maupun umum. Pondok Pesantren Darul Ihsan lahir dari kondisi masyarakat Desa Dano yang masih memprihatinkan (serba terbelakang) dari pengetahuan agama. Untuk mengetahui secara lebih mendalam bagaimana peran Pesantren Darul Ihsan terhadap kehidupan masyarakat sekitar, untuk itu penulis mengadakan penelitian dengan judul skripsi: Perkembangan Pondok Pesantren Darul Ihsan Di Kampung Tambak Baya Desa Dano Kecamatan Leles Kabupaten Garut Tahun 1991-2008. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menjawab masalah-masalah antara lain: Untuk mengetahui bagaimana proses berdirinya Pondok Pesantren Darul Ihsan, Untuk mengetahui perkembangan Pondok Pesantren Darul Ihsan dari tahun 1991-2008. Penelitian Perkembangan Pondok Pesantren Darul Ihsan ini menggunakan empat (4) tahapan penelitian sejarah yaitu: Tahapan heuristik, tahapan kritik, tahapan interpretasi, dan tahapan historiografi. Dalam menggunakan data-data yang berkenaan dengan kejadian penelitian, penulis melakukan studi lapangan (wawancara) dan studi pustaka. Perkembangan Pondok Pesantren Darul Ihsan antara lain: di bidang pendidikan yaitu dengan adanya sekolah formal di antaranya MTs (Madrasah Tsanawiyah), MI (Madrasah Ibtidaiyah), dan MD (Madrasah Diniyah). Secara keseluruhan, keberadaan pesantren berperan menjadi potensi yang sangat besar dalam pengembangan masyarakat, terutama masyarakat muslim lapisan menegah ke bawah. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, bahwa keberadaan Pondok Pesantren Darul Ihsan di Desa Dano, dalam kiprahnya di masyarakat telah memberikan andil yang besar bagi perkembangan dan kemajuan masyarakat dengan adanya peranan-peranan baik dalam bidang pendidikan, agama, dan dalam hal sosial kemasyarakatan pesantren ini sebagai pelopor dan motivator pembangunan dan pengembangan masyarakat sekitar itu merupakan buktinyata atas keberhasilan pondok pesantren Darul Ihsan yang bisa dirasakan sampai saat ini. Keberadaan Pondok Pesatren Darul Ihsan di Desa Dano telah memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar dalam bidang pendidikan, dengan adanya Pondok Pesantren ini masyarakat sekitar tidak perlu menyekolahkan anaknya jauh dari Desa Dano. Karena Pesantren ini berada di atas pegunungan yang lumayan jauh dari pusat Kota Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mr. Andi Ruswandi
Date Deposited: 01 Feb 2016 01:40
Last Modified: 25 Feb 2016 05:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item