Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Ijarah Multijasa terhadap pendapatan operasional dari penyaluran dana di PT. BPRS Al Masoem Periode 2014 - 2016

Nurhilmi, Muhammad Firdan (2018) Pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Ijarah Multijasa terhadap pendapatan operasional dari penyaluran dana di PT. BPRS Al Masoem Periode 2014 - 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dugaan bahwa Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Ijarah Multijasa berpengaruh terhadap Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana. Hal tersebut di kemukakan oleh teori yaitu ketika Pembiayaan Musyarakah naik dan Pembiayaan Ijarah Multijasa naik maka Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana naik, begitu pula sebaliknya apabila Pembiayaan Musyarakah turun dan Pembiayaan Ijarah Multijasa turun maka Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana turun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) seberapa besar pengaruh Pembiayaan Musyarakah terhadap Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana, (2) seberapa besar pengaruh Pembiayaan Ijarah Multijasa terhadap Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana, (3) seberapa besar pengaruh Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Ijarah Multijasa terhadap Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana di PT BPRS Al Masoem periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan uji analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi dan Uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan Uji F. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan publikasi Bank Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil Uji t dengan nilai thitung sebesar 1,409 dan nilai ttabel sebesar 2,228, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, karena thitung ≤ ttabel atau 1,409 ≤ 2,228 yang artinya Pembiayaan Musyarakah berpengaruh tidak signifikan terhadap Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana, (2) berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil Uji t dengan nilai thitung sebesar 0,965 dan nilai ttabel sebesar 2,228, maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, karena thitung ≤ ttabel atau 0,965 ≤ 2,228 yang artinya Pembiayaan Ijarah Multijasa berpengaruh tidak signifikan terhadap Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana,(3) berdasarkan hasil perhitungan, bahwa nilai Fhitung sebesar 1,174 dan untuk Ftabel sebesar 4,26. Karena Fhitung ≤ Ftabel atau 1,174 ≤ 4,26 maka dapat disimpulkan bahwa Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Ijarah Multijasa berpengaruh tidak signifikan terhadap Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 20,7%. Hal ini menunjukkan bahwa Pembiayaan Musyarakah dan Pembiayaan Ijarah Multijasa memberikan kontribusi terhadap tingkat Pendapatan Operasional dari Penyaluran Dana sebesar 20,7% dan sisanya sebesar 79,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Musyarakah; Pembiayaan Ijarah Multijasa; Pendapatan Operasional dari Penyaluran
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamamad Firdan Nurhilmi
Date Deposited: 06 Jun 2018 06:42
Last Modified: 06 Jun 2018 06:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item