Pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap cadangan dana Tabarru' pada PT.Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera periode 2011-2016

Kamal, Aqmari Zhafarina (2018) Pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap cadangan dana Tabarru' pada PT.Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera periode 2011-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan asuransi di Indonesia yang sudah mulai meningkat dengan ditandai banyaknya masyarakat yang tertarik untuk menggunakan jasa asuransi guna menabung untuk mengendalikan risiko yang suatu saat mungkin terjadi dalam kehidupannya. Setiap peserta asuransi harus membayar sebuah biaya premi yaitu sejumlah uang yang dikumpulkan oleh peserta asuransi untuk mengikat kewajibannya agar dapat memperoleh manfaat. Pendapatan premi dialokasikan kepada dana tabungan dan dana tabarru’ atau dana kebajikan. Pendapatan premi berupa dana tabungan yang akan diinvestasikan agar uang tersebut berputar. Hasil dari investasi tersebut kemudian dialokasikan kepada dana tabungan peserta dan juga dana tabarru’. Pendapatan dari premi dan hasil dari investasi dana peserta tersebut akan menambah cadangan dana tabarru’ karena sumber dana tabarru’ adalah donasi, hasil investasi, dan akumulasi cadangan surplus underwriting dana tabarru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh antara pendapatan premi terhadap cadangan dana tabarru’,(2) mengetahui pengaruh antara hasil investasi terhadap cadangan dana tabarru’, dan (3) untuk mengetahui pengaruh antara pendapatan premi dan hasil investasi terhadap cadangan dana tabarru’ pada PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laopran keuangan tahunan yang diperoleh dari PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera. Adapun analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda, korelasi pearson product moment, koefisien determinasi dan uji hipotesis uji t dan uji F, untuk pengolahan data menggunakan program SPSS V.16 dan Microsoft Excel 2010 sebagai alat bantu. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa: 1) Terdapat pengaruh negative tidak signifikan antara pendapatan premi terhadap cadangan dana tabarru’dengan hasil uji hipotesis thitung < ttabel (-0,858 < 2,77645); 2) Terdapat pengaruh positif tidak signifikan antara hasil investasi terhadap cadangan dana tabarru’ dengan hasil uji hipotesis thitung < ttabel (1,087<2,77645); 3) Terdapat pengaruh positif tidak signifikan antara pendapatan premi dan hasil investasi terhadap cadangan dana tabarru’ dengan hasil uji hipotesis Fhitung < Ftabel (1,160 < 9,55).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Premi; Hasil Investasi; Cadangan Dana Tabarru'
Subjects: Insurance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Aqmari Zhafarina Kamal
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:49
Last Modified: 22 Feb 2019 02:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10041

Actions (login required)

View Item View Item