Aktivitas siswa mengikuti program BIBA (Bimbingan Intensif baca Al-Quran) hubungannya dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI Aspek al-Quran: Penelitian di SMP Al-Amanah Cileunyi

Al Mughni, Ramadhan fadel (2018) Aktivitas siswa mengikuti program BIBA (Bimbingan Intensif baca Al-Quran) hubungannya dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI Aspek al-Quran: Penelitian di SMP Al-Amanah Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penyelenggaraan program BIBA di SMP Al-Amanah dengan tujuan agar peserta didik lancar dan mahir dalam baca tulis al-Quran, serta mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi program tahfidz di kelas delapan. Namun, meskipun program ini sudah diselenggarakan selama tujuh tahun terhitung mulai dari tahun ajaran 2011/2012 sampai 2017/2018 ini, masih tetap saja ada siswa yang prestasi belajar mata pelajaran PAI aspek al-Qurannya rendah. Fenomena tersebut menimbulkan permasalahan tentang ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program BIBA dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program BIBA, aktivitas siswa dalam mengikuti program BIBA (Bimbingan Intensif Baca Al-Quran), prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran, dan hubungan antara aktivitas siswa dalam mengikuti program BIBA dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran. Penelitian ini bertolak pada teori law of exercise milik Thorn Dike dengan pemikiran bahwa semakin sering siswa belajar membaca al-Quran di luar jam pelajaran, khususnya saat program BIBA (Bimbingan Intensif Baca Al-Quran), maka semakin baik pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan antara aktivitas siswa dalam mengikuti program BIBA (Bimbingan Intensif Baca Al-Quran) dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, tes, dan wawancara. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis logika. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa aktivitas siswa mengikuti program BIBA termasuk kepada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,86. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran termasuk pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 68,34. Adapaun hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program BIBA dengan prestasi belajara mereka pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran termasuk pada kategori sangat rendah dengan korelasi sebesar 0,2. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung 1,08 < ttabel 2,052. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima atau tidak ada hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program BIBA dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran. Adapun kadar pengaruh aktivitas siswa mengikuti program BIBA terhadap prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran sebesar 4%. Artinya, masih ada sebesar 96% faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI aspek al-Quran, baik faktor internal maupun faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; BIBA; Prestasi belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fadel fadel Ramadhan Fadel Al Mughni
Date Deposited: 04 Jun 2018 07:00
Last Modified: 04 Jun 2018 07:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10123

Actions (login required)

View Item View Item