Pengaruh pendapatan premi dan pendapatan investasi netto terhadap laba bersih perusahaan pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Usaha Syariah

Lisnawati, Siti (2018) Pengaruh pendapatan premi dan pendapatan investasi netto terhadap laba bersih perusahaan pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Usaha Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Perusahaan asuransi merupakan salah satu tempat bagi masyarakat untuk memperoleh jaminan dari risiko yang mengancam, karena kehidupan yang semakin kompleks pada saat ini, kemungkinan adanya risiko yang mengancam kebutuhan manusia semakin besar pula. Prinsip dasar dalam asuransi syariah adalah saling menolong (ta’awun) dan saling menanggung (takaful) antara sesama peserta asuransi. Seperti halnya perusahaan asuransi konvensional, perusahaan asuransi syariah juga mengenal istilah premi atau sejumlah dana yang dibayarkan oleh peserta asuransi kepada entitas pengelola. Unsur premi pada asuransi syariah terdiri dari dana tabarru’ dan tabungan, selanjutnya kumpulan dana peserta tersebut diinvestasikan sesuai dengan syariat islam. Dengan demikian, premi yang didapatkan dari peserta asuransi sebagian dananya diinvestasikan, hal ini akan mempengaruhi terhadap laba bersih perusahaan. Laba bersih sering kali digunakan sebagai ukuran keberhasilan suatu perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendapatan Premi dan Pendapatan Investasi Netto terhadap Laba Bersih Perusahaan pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Usaha Syariah periode 2014-2016. Serta untuk mengetahui pengaruh secara simultan Pendapatan Premi dan Pendapatan Investasi Netto terhadap Laba Bersih Perusahaan pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Usaha Syariah periode 2014-2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian dengan menggunakan analisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dengan analisis secara simultan yaitu dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan uji F. Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for Windows versi 16.0. Data yang digunakan adalah data sekunder dari Laporan Keuangan PT. Asuransi Sinar Mas Unit Usaha Syariah periode 2014-2016. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh kesimpulan dengan hasil analisis koefisien determinasi secara parsial antara Pendapatan Premi terhadap Laba Bersih diperoleh pengaruhnya sebesar 28,1% dan Ho diterima. Pendapatan Investasi Netto terhadap Laba Bersih secara parsial, dibuktikan dengan hasil koefisien determinasi diperoleh pengaruhnya sebesar 16,40% dan Ho diterima. Secara simultan hasil dari analisis koefisien determinasi antara Pendapatan Premi dan Pendapatan Investasi Netto terhadap Laba Bersih diperoleh pengaruhnya sebesar 32,9% dan Ho diterima yang artinya Pendapatan Premi dan Pendapatan Investasi Netto secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih pada PT. Asuransi Sinar Mas Unit Usaha Syariah periode 2014-2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Premi; Pendapatan Investasi Netto; Laba Bersih
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Lisnawati
Date Deposited: 05 Jun 2018 03:27
Last Modified: 05 Jun 2018 03:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item View Item