Tanggapan Siswa terhadap Metode 'Asyarah Hubungannya dengan Pemahaman Mereka pada Materi Hukum Mad: Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII SMP Al-Islam Kota Bandung

Aulia, Nurul (2018) Tanggapan Siswa terhadap Metode 'Asyarah Hubungannya dengan Pemahaman Mereka pada Materi Hukum Mad: Penelitian terhadap Siswa Kelas VIII SMP Al-Islam Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)

Abstract

Berdasarkan studi kasus di SMP Al-Islam Kota Bandung, diperoleh informasi bahwa metode ‘asyarah telah digunakan guru PAI dan Budi Pekerti dalam menyampaikan materi hukum mad dengan baik. Semestinya, peserta didik mampu memahami materi tersebut dengan optimal. Namun kenyataan menunjukkan, masih ditmukan peserta didik dengan jumlah 51 siswa yang tingkat pemahamannya tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari ketidakmampuan siswa dalam menyebutkan, menjelaskan, mengklasifikasikan, membedakan, mencontohkan, dan menyimpulkan hukum mad. Permasalahan tersebut mendorong penulis untuk menelitinya lebih lanjut, untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode ‘asyarah dengan pemahaman mereka pada materi hukum mad?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tanggapan siswa terhadap metode ‘asyarah, (2) pemahaman mereka pada materi hukum mad, dan (3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode ‘asyarah dengan pemahaman mereka pada materi hukum mad. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa tanggapan siswa terhadap metode ‘asyarah memiliki hubungan pada tingkat tertentu dengan pemahaman mereka pada materi hukum mad. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap metode ‘asyarah maka semakin baik pula pemahaman mereka pada materi hukum mad, begitu pula sebaliknya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, tes, dan wawancara. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis logika. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa: (1) tanggapan siswa terhadap metode ‘asyarah termasuk pada kategori positif dengan nilai rata-rata 3,98 yang berada pada interval 3,40-4,19, (2) pemahaman siswa pada materi hukum mad termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata 73 yang berada pada interval 70-79, dan (3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode ‘asyarah dengan pemahaman mereka pada materi hukum mad adalah: (a) koefisien korelasinya termasuk pada kategori rendah dengan angka korelasi sebesar 0,34 yang berada pada interval 0,20-0,39, (b) hipotesisnya diterima, artinya semakin positif tanggapan siswa terhadap metode ‘asyarah maka semakin baik pula pemahaman mereka pada materi hukum mad dengan berdasarkan nilai thitung (2,49) > ttabel (2,018), dan (c) pengaruh tanggapan siswa tentang metode ‘asyarah terhadap pemahaman mereka pada materi hukum mad adalah sebesar 11, 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode 'Asyarah;Pemahaman;Hukum Mad
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Depositing User: Nurul Aulia NA
Date Deposited: 06 Jun 2018 07:32
Last Modified: 06 Jun 2018 07:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10198

Actions (login required)

View Item View Item