Pengaruh layanan infromasi karir terhadap minat berwirausaha: Penelitian di Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Kelurahan Mekarmulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung

Sani, Dede (2018) Pengaruh layanan infromasi karir terhadap minat berwirausaha: Penelitian di Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Kelurahan Mekarmulya, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pasar kerja dalam menyerap tenaga kerja di Indonesia rata-rata kecil, akibatnya terjadi penumpukan tenaga kerja, dan gejala pengangguran pun semakin nyata. Salah satu alternatif yang tepat untuk mengurangi pengangguran adalah mendirikan usaha. Dalam Program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Kelurahan Mekarmulya dilaksanakan kegiatan pemberian keterampilan hidup (life skills) menggunakan metode Layanan Informasi Karir. Melalui kegiatan ini remaja bisa mendapatkan bantuan agar mampu memperoleh pemahaman diri dari lingkungannya dengan dunia kerja yang sesuai dan selaras dengan kemampuan yang ada pada dirinya, memperoleh berbagai alternatif masa depan untuk dipertimbangkan, mampu memahami tujuan bekerja dan prospek kehidupan yang akan datang. Termasuk juga berwirausaha sebagai salah satu alternatif karir di masa depan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah : pertama untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Layanan Informasi Karir di Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung. Kedua untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Minat Berwirausaha di Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung. Penelitian ini berpijak pada teori dari Super (1990) dalam Gibson dan Mitchell (2010: 456-457) yang menyatakan bahwa perkembangan karir lewat tahap-tahap kehidupan dapat dibimbing sebagian dengan memfasilitasi pematangan kemampuan dan minat, dan sebagian dengan bantuan pengetesan realitas dan di dalam pengembangan konsep diri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 26 remaja anggota PIK-R Kelurahan Mekarmulya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji korelasi, koefisien determinasi. linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara individual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya layanan infromasi karir sangatlah membantu dan mempengaruhi tingkat minat berwirausaha remaja, karena persentase skala nilai dalam kualifikasi baik yaitu sebesar 74,53% . Pengaruh Layanan Informasi Karir terhadap Minat Berwirausaha sebesar 51% dan sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain selain Layanan Informasi Karir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karir; Layanan Informasi; Wirausaha
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: dede sani
Date Deposited: 06 Jun 2018 08:48
Last Modified: 06 Jun 2018 08:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10269

Actions (login required)

View Item View Item