Pengaruh struktur modal dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan : Studi pada PT. Gudang Garam Tbk tahun 2011-2016

Gita, Dewi (2018) Pengaruh struktur modal dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan : Studi pada PT. Gudang Garam Tbk tahun 2011-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan merupakan suatu kondisi tertentu yang telah dicapai oleh perusahaan sebagai gambaran dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan setelah melakukan kegiatan beberapa tahun, yaitu sejak perusahaan di dirikan sampai saat ini. Tujuan perusahaan dalam jangka panjang yaitu memaksimumkan nilai perusahaan, karena semakin tinggi nilai perusahaan maka semakin tinggi pula kesejahteraan pemiliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan, pengaruh kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan serta pengaruh struktur modal dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan studi pada PT. Gudang Garam Tbk periode tahun 2011-2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 6 tahun periode. Jenis data yang digunakan adalah jenis data time series dari tahun 2011-2016. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, tetapi sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil uji t menunjukan struktur modal memiliki koefisien regresi sebesar 1,143 dan nilai signifikansi sebesar 0,336 sehingga struktur modal tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen memiliki koefisien regresi sebesar 4,498 dan nilai signifikansi sebesar 0,021 sehingga kebijakan dividen berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil uji F menunjukan bahwa variabel independen yaitu struktur modal dan nilai perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan ditujukan dengan nilai Fhitung sebesar 10,136 yang lebih besar dari nilai Ftabel yaitu 6,94 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,046. Kemampuan prediktif dari kedua variabel independen yaitu struktur modal dan kebijakan dividen adalah 87,1% dan sisanya 12,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model regresi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal; Kebijakan Dividen; Nilai Perusahaan
Subjects: Manufacturing > Data Processing and Analysis of Manufacturing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dewi Gita
Date Deposited: 09 Jul 2019 07:12
Last Modified: 09 Jul 2019 07:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10283

Actions (login required)

View Item View Item