Pengaruh Piutang Multijasa dan Qardh terhadap Pendapatan Operasional pada Pt. Bprs Al Salaam Amal Salman Periode 2014-2016

Rafi, Abdul Karim (2018) Pengaruh Piutang Multijasa dan Qardh terhadap Pendapatan Operasional pada Pt. Bprs Al Salaam Amal Salman Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh piutang multijasa dan qardh pada bank syariah. Adanya hubungan antara piutang multijasa dan qardh dengan tingkat laba bank dikarenakan piutang multijasa dan qardh merupakan salah satu pendapatan bagi bank dan merupakan salah satu bentuk penyaluran dana. Meningkatnya penerimaan dari piutang multijasa dan qardh maka akan meningkat pula pendapatan yang dihasilkan. Apabila terjadi peningkatan terhadap piutang multijasa dan qardh maka akan mempengaruhi tingkat pendapatan operasional bank. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jumlah piutang multijasa terhadap pendapatan operasional, mengetahui pengaruh jumlah qardh terhadap pendapatan operasional dan mengetahui pengaruh jumlah piutang multijasa dan qardh terhadap pendapatan operasional secara simultan pada PT. BPRS Al Salaam Amal Salman periode 2014-2016. Penelitian ini berasal dari pemikiran bahwa multijasa adalah pembiayaan yang diberikan perbankan atau non perbankan kepada nasabah dalam memperoleh manfaat atas suatu jasa. Qardh suatu akad antara dua pihak, dimana pihak pertama memberikan uang atau barang kepada pihak kedua untuk dimanfaatkan dengan ketentuan bahwa uang atau barang tersebut harus dikembalikan persis seperti yang ia terima dari pihak pertama. Sedangkan pendapatan operasional merupakan penambahan aktiva sebagai hasil operasi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat uji statistik yang digunakan yaitu dengan analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t dan uji F. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk piutang multijasa dan qardh sedangkan pendapatan operasional sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan publikasi Triwulan BPRS Al Salaam Amal Salman periode 2014-2016. Dari hasil penelitian dengan menggunakan korelasi determinasi, pendapatan operasional setelah distribusi bagi hasil hanya dipengaruhi sebesar 16% oleh variabel piutang multijasa. Sedangkan pada variabel qardh dipengaruhi sebesar 23,6%. R square pada uji korelasi determinasi ganda sebesar 0,236 berarti 23,6% adalah faktor yang mempengaruhi pendapatan operasional yaitu piutang multijasa dan qardh sedangkan sisanya 76,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Piutang Multijasa;Qardh;Pendapatan Operasional
Subjects: Accounting
Accounting > Cost Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Abdul Karim Rafi
Date Deposited: 07 Jun 2018 02:29
Last Modified: 07 Jun 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10313

Actions (login required)

View Item View Item