Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan: Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016

Maulidha, Delia Rizky (2018) Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan: Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Setiap perusahaan yang didirikan memiliki tujuan untuk memaksimalkan kemakmuran Stakeholder. Setiap perusahaan membutuhkan modal guna menjalankan aktivitas dan kegiatan operasionalnya. Dalam berinvestasi para investor maupun calon investor perlu mengumpulkan informasi sebagai salah satu dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi di pasar modal. Indikator yang biasanya digunakan para investor adalah dengan memperhatikan Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 yakni sebanyak 4 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh secara historis dalam Annual Report (laporan tahunan), laporan keuangan, yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas (Return On Asset), dan variabel dependen berupa nilai perusahaan (Tobin’s Q). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggambarkan analisa suatu hasil yang kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 59.39% dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05. Secara parsial Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan sebesar 42.8% dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05 dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan sebesar 62.0% dengan tingkat signifikansi dibawah 0.05. Hasil koefisien determinasi (R2) pada penelitian ini adalah sebesar 59.39%, sedangkan sisanya 41.61% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti, dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan antar variabel sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas;Bursa Efek Indonesia
Subjects: General Management > Financial Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Delia Rizky Maulidha
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:28
Last Modified: 08 Jun 2018 07:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item