Pengaruh penggunaan metode Memory Skills terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Materi Sejarah Dakwah Nabi Muhammad SAW Periode Mekah dan Madinah: Penelitian di Kelas X SMA Mekar Arum Bandung

Marliana, Wina (2018) Pengaruh penggunaan metode Memory Skills terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Materi Sejarah Dakwah Nabi Muhammad SAW Periode Mekah dan Madinah: Penelitian di Kelas X SMA Mekar Arum Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB Ipdf.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena global saat ini. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Mekar Arum Cinunuk Bandung yaitu diketahui hasil belajar peserta didik rendah terutama menyangkut materi Sejarah Kebudayaan Islam. Rendahnya hasil belajar siswa salah satunya adalah karena metode pembelajaran yang dipakai selama ini digunakan adalah konvensional, Salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk menguatkan hafalan siswa dikelas dan meningkatkan hasil belajar adalah metode Memory Skills. Metode Memory Skills merupakan salah satu tipe pembelajaran yang mampu meningkatkan daya ingat siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui penggunaan metode Memory Skills pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti materi sejarah dakwah Nabi Muhammad Saw Periode Mekkah dan Madinah di kelas X SMA Mekar Arum Bandung, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti materi sejarah dakwah Nabi Muhammad Saw Periode Mekkah dan Madinah di kelas X SMA Mekar Arum Bandung dan 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Memory Skills terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti materi sejarah dakwah Nabi Muhammad Saw Periode Mekkah dan Madinah. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh metode belajar yang digunakan oleh pendidik. Dari asumsi tersebut secara teoritis dapat diambil hipotesis, yakni terdapat pengaruh antara metode belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi sejarah dakwah Nabi Muhammad SAW Periode Mekkah dan Madinah. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif melalui pendekatan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, angket dan tes. Analisis datanya dilakukan dengan dua pendekatan yaitu analisis parsial dan analisis korelasioner. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Mekar Arum Bandung dengan sampel 36 orang siswa kelas X. Dari hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh realitas variabel X (Metode Memory Skills) dengan uji tendensi sentral diperoleh Mean = 84,36 dan diinterpretasikan ke dalam skala 100 termasuk kategori sangat tinggi, karena berada pada interval 80-100. Demikian juga, realitas variabel y (hasil belajar) dengan uji tendensi sentral diperoleh Mean = 78,80, dan diinterpretasikan ke dalam skala 100 termasuk kategori baik, karena berada pada interval 70-79. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar mereka, termasuk kategori tinggi. Adapun realitas hubungan kedua variabel tersebut adalah rendah, dengan harga koefesien korelasi sebesar 0,33 karena berada pada interval 0,20-0,39. Dari koefisien korelasi variabel X terhadap variabel Y sebesar 11%. Maka, diduga masih banyak faktor sekitar 89% yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wina Wina Kusmana
Date Deposited: 22 Feb 2019 09:01
Last Modified: 22 Feb 2019 09:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10366

Actions (login required)

View Item View Item