Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Penggunaan Koagulan Alami

Robiah, Nadia Nur (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Penggunaan Koagulan Alami. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Nadia Nur Robiah : Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Penggunaan Koagulan Alami (Penelitian Kelas Terhadap Siswa Kelas XI MIA MA YTI Sukamerang Garut) Pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran yang didasarkan pada konstruktivisme dan pembelajaran aktif yang dapat mengakomodasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta) dalam mengkaji aplikasi koloid pada penggunaan koagulan alami. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan LKS dan menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran berbasis masalah pada penggunaan kaogulan alami. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan subyek siswa kelas XI MIA MA Sukamerang Garut. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa, LKS, dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 86 % dengan kategori baik. Kemampuan siswa dalam mengerjakan LKS dengan nilai rata-rata paling tinggi adalah kelompok 3 sebesar 93,94 dengan kategori baik sekali dan paling rendah kelompok 1 sebesar 75,08 berada pada kategori baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk setiap kelompok prestasi yakni kelompok prestasi tinggi mendapat nilai 86,84 dengan kategori baik sekali, kelompok prestasi sedang mendapat nilai 70,69 dengan kategori baik dan kelompok prestasi rendah mendapat nilai 72,26 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat mengembangkan kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan mencipta yang dikonstruk terhadap pencarian solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Koagulan Alami.
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nadia Nur Robiah Nadia
Date Deposited: 25 Jun 2018 02:08
Last Modified: 25 Jun 2018 02:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item View Item