Kebijakan pimpinan pesantren modern dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Kp. Condong Kel. Setianegara Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya

Purwasih, Ratih (2018) Kebijakan pimpinan pesantren modern dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Kp. Condong Kel. Setianegara Kec. Cibeureum Kota Tasikmalaya. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Pesantren modern merupakan pesantren yang memiliki kedisiplinan dalam menggunakan bahasa asing yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris serta membuka tipe-tipe sekolah umum di lingkungan pondok pesantren. Setiap pesantren memiliki sistem kepemimpinan yang berbeda-beda tergantung dan bagaimana tipe leadershipnya. Setiap pemimpin memiliki kebijakan dalam menjalankan kepemimpinannya. Dengan adanya berbagai kebijakan dari pimpinan pesantren modern yang berhubungan dengan penggunaan bahasa asing maka diharapkan dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing santri serta pelaksanaan berbagai program yang berhubungan dengan bahasa dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan pimpinan pesantren modern dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing santri. Secara khusus pendekatannya diarahkan untuk mengetahui tentang bagaimana penetapan kebijakan yang dilakukan pimpinan pesantren modern Condong, bagaimana pelaksanaan kebijakan yang diterapkan pimpinan pesantren Condong, dan bagaimana evaluasi dari berbagai kebijakan pimpinan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa asing santri. Penelitian ini berawal dari kerangka pemikiran bahwa dalam pembuatan kebijakan memiliki tahapan atau proses yaitu penetapan kebijakan, pelaksanaan kebijakan dan evaluasi dari berbagai kebijakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pertimbangan penggunaan metode ini didasarkan pada kebutuhan-kebutuhan data penelitian. Sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu pimpinan pondok pesantren dan bagian bahasa pondok pesantren Riyadlul Uulm Wadda’wah Condong. Sumber data-data sekunder yaitu data-data pelengkap atau penunjang. Dalam hal ini yang menjadi data sekunder adalah buku panduan tentang kebijakan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah terus meningkatkan kemampuan berbahasa asing santrinya, dengan menetapkan berbagai kebijakan seperti menetapkan organisasi bagian Bahasa (CLA&LAC), mewajibkan para santri untuk menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam setiap aktivitas setiap harinya, mewajibkan santri untuk megikuti setiap kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan berbahasa asing seperti mufrodhat, muhadatsah, muhadloroh dan insya usbu’i. kemudian dalam pelaksanaannya menggunakan strategi untuk mencapainya. Dalam melihat perkembangan santri, maka diadakannya evaluasi untuk membahas kekurang semupurnaan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan ataupun yang belum maksimal dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pimpinan Pesantren Modern
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ratih Purwasih Suryana
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:25
Last Modified: 25 Feb 2019 01:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item View Item