Implementasi toleransi beragama di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Mahasiswa Universar, Des. Cipadung, Kec. Cibiru, Kota. Bandung

Herliani, Ulfah (2018) Implementasi toleransi beragama di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Bandung: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Mahasiswa Universar, Des. Cipadung, Kec. Cibiru, Kota. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, gejala intoleransi yang bernuansa agama di Indonesia mulai menggerogoti kebhinekaan. Salah-satu faktor yang tak kalah berpengaruh dalam mendorong terjadinya sikap intoleransi atas nama agama di Indonesia adalah pendidikan. Pendidikan inilah yang membentuk karakter dan mampu mendorong seseorang melakukan segala tindakan. Sehingga lembaga pendidikan apa pun jenisnya memiliki tugas besar untuk menghadapi persoalan ini. Terlebih lembaga pendidikan keagamaan yang dalam hal ini adalah pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruk pemikiran dan implementasi toleransi beragama. Implementasi toleransi beragama tersebut difokuskan melalui model pendidikan dan kegiatan yang dijalankan oleh Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Kota Bandung, yang dipimpin oleh Dr. KH. Tatang Astarudin, S.Ag, S.H, M.Si. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: teknik observasi, dept interview (wawancara mendalam), dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data triangulasi, agar kredibilitasnya terjaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Konstruk pemikiran Kiai Tatang mengenai konsep toleransi beragama dikategorikan sebagai pemikiran dan sikap inklusif dalam beragama, yaitu pemikiran yang mempercayai adanya kebenaran dalam kepercayaan agama lain, akan tapi standar kebenaran tertinggi tetap berada dalam agamanya sendiri. Dalam hal ini landasan konstruk pemikiran tersebut adalah konsep tasamuh (toleransi dengan setulus hati) yang bercorak pemahaman yang moderat. Konsep pemikiran Kiai Tatang terimplementasikan dengan baik dalam kebijakannya dalam mengelola pondok pesantren Mahasiswa Universal melalui pendidikan dan kegiatan yang merefleksikan pendidikan perdamaian dan pembangunan perdamaian. Melalui pengkajian kitab-kitab klasik yang menampung seluruh corak pemikiran ulama dengan madzhab yang berbeda-beda, diskusi, mentoring dan bahtsul kutub. Selain itu, Pondok Pesantren Mahasiswa Universal mengkaji pendidikan yang bermuatan tasawuf untuk mendidik jiwa santri agar tumbuh sikap santun dalam membangun relasi harmonis, baik hubungan intern agama maupun antar umat beragama. Mengenai Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan juga mengandung muatan konsep multikulturalisme seperti halnya muhadharah, kegiatan pesantren for peace, dan diskusi lintas budaya dengan universitas Toronto. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pembangunan perdamaian dan mencerminkan wajah lembaga pendidikan Islam yang rahmatan lil alamiin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Depositing User: Herliani U Ulfah
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:41
Last Modified: 25 Feb 2019 01:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item