Penerapan fungsi perencanaan (planning) dalam meningkatkan kualitas organisasi majlis taklim: studi deskriptif di Majlis Taklim Lembaga Pengembangan Pendidikan Agama Islam (LP2A))

Salamah, Irma (2018) Penerapan fungsi perencanaan (planning) dalam meningkatkan kualitas organisasi majlis taklim: studi deskriptif di Majlis Taklim Lembaga Pengembangan Pendidikan Agama Islam (LP2A)). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan merupakan bagian inti dari fungsi manajemen untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen lembaga organisasi majelis taklim LP2A memiliki perencanaan yang menjadi landasan dalam meningkatkan kualitasnya. Agar perencanaan yang dilakukan di majelis taklim LP2A terarah, mencapai tujuan dan dapat dipertanggungjawabkan, diperlukan sebuah konsep perencanaan yang menjadi pegangan dan melandasi setiap kegiatan yang dilaksanakan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur perencanaan yang terdiri dari penetapan tujuan, strategi dan kebijakan majelistaklim LP2A. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa perencanaan merupakan fungsi yang pertama dan utama dalam manajemen karena organizing, staffing, directing, controlling pun harus terlebih dahulu direncanakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yang akan menggambarkan bagaimana unsur-unsur perencanaan majelis taklim LPA2. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: (1) Teknik Observasi, (2) Teknik Wawancara, (3) Studi Dokumentasi. Data yang ditemukan menunjukan bahwa proses penerapan perencanaan yang dilakukan majelis taklim LP2A dalam meningkatkan kualitasnya, meliputi: Pertama, penetapan tujuan majelis taklim LPA2 yaitu meningkatkan ilmu pengetahuan dan kesadaran beragama kalangan masyarakat khususnya jama’ah, meningkatkan amal ibadah masyarakat, meningkatkan silaturahmi antar jama’ah, dan membina kader. Kedua, strategi majelis taklim LPA2 yaitu implementasi strategi melalui struktur organisasi, budaya organisasi, dan kepemimpinan. Ketiga, kebijakan perancanaan majelis taklim LPA2 yaitu menjadikan majelis taklim LPA2 sebagai pusat komunikasi dan informasi, menjadikan majelis taklim sebagai lembaga kontrolsosial, menjadikan majelis taklim sebagai pusat pengembangan keterampilan dan meningkatkan peran pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan potensi ekonomi dan sosial. Secara umum, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan fungsi perencanaan dalam meningkatkan kualitas organisasi majelis taklim LPA2 cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dalam setiap pelaksanaan kegiatannya dengan antusias masyarakat yang tinggi dan bertambahnya jama’ah secara terus menerus

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Cecep Abdu Rohman
Date Deposited: 02 Jul 2018 07:48
Last Modified: 02 Jul 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10465

Actions (login required)

View Item View Item