Perbandingan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi: Studi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013

Komalawati, Dina (2018) Perbandingan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi: Studi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.PDF

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRACT.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dari merger dan akuisisi terhadap kinerja perusahaan di Bursa efek Indonesia. Kinerja perusahaan diukur dengan menggunakan rasio – rasio keuangan, yaitu: ROI (Return On investment), ROE (Return On Equity), NPM (Net Profit Margin), CR (Current Assets), DER (Debt to Equity Ratio), EPS (Earnings Per Share), dan TATO (Total Assets Turn Over). Dimana merger merupakan penggabungan dua perusahaan atau lebih yang kemudian menjadi satu kekuatan untuk memperkuat posisi perusahaan. Sedangkan akuisisi merupakan pengambil – alihan (take over) sebagian atau keseluruhan saham perusahaan lain sehingga perusahaan pengakuisisi mempunyai hak kontrol atas perusahaan target. Data dokumenter yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan populasi penelitian ini meliputi perusahaan publik yang terdaftar di BEI yang pernah melakukan merger dan akuisisi, dan perusahaan tersebut mengumumkan aktivitasnya pada periode 2013. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yang mana terdapat 9 perusahaan yang masuk dalam kriteria penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis 1 sampai 7 (perhitungan rasio – rasio keuangan) digunakan uji normalitas data, dan uji beda Wilcoxon signed ranks test. Hasil Pengujian pada variabel return on investment yang diuji dengan metode Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan adanya perbedaan pada periode 1 tahun sebelum dengan 1 tahun sesudah. Namun, pada periode 1 tahun sebelum dengan 2 dan 3 tahun sesudah tidak ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Sedangkan, pada variabel return on equity, net profit margin, current ratio, debt to equity ratio, dan total asset turn over yang diuji dengan metode Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan tidak ada perbedaan yang antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Baik pada periode yang membandingkan antara 1 tahun sebelum dengan 1 tahun sesudah sampai dengan 3 tahun sesudah. Serta, Pada variabel earnings per share yang diuji dengan metode Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan adanya perbedaan pada periode 1 tahun sebelum dengan 2 tahun sesudah. Namun, pada periode 1 tahun sebelum dengan 1 dan 3 tahun sesudah tidak ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Merger dan Akuisisi; Kinerja Keuangan; Uji Normalitas; dan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test;
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dina Komalawati
Date Deposited: 16 Jul 2018 02:06
Last Modified: 16 Jul 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item