Pengembangan Prototype Reaktor dan Prosedur Eksperimen Pembuatan Biogas Skala Rumah Tangga dari Sampah Organik Untuk Pembelajaran Kimia

Farida, Ida and Helsy, I and Nurmelati, M (2015) Pengembangan Prototype Reaktor dan Prosedur Eksperimen Pembuatan Biogas Skala Rumah Tangga dari Sampah Organik Untuk Pembelajaran Kimia. In: Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknolog, 22-23 April 2015, Bandung.

[img]
Preview
Text
MakalahSensaintek2015-IdaFarida.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa prototype reaktor dan prosedur eksperimen pembuatan biogas skala rumah tangga dari sampah organik yang dapat diterapkan untuk pembelajaran kimia baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi. Prosedur eksperimen berupa lembar kerja yang dikembangkan mencakup tiga aspek: 1) tugas kinerja berorientasi ketrampilan proses sains dan berpikir kreatif, 2) desain pembuatan biogas skala rumah tangga dari sampah organik, dan 3) format penilaian otentik. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan: 1) Studi pendahuluan, 2) Perancangan desain reaktor biogas skala rumah tangga dan pembuatan prosedur eksperimen/lembar kerja, 3) validasiahli dan uji coba terbatasuntuk menjaring pendapat tanggapan dan saran perbaikan terkait kelayakan prototype reaktor dan perangkat lembar kerja eksperimen yangtelahdibuat. Berdasarkan hasilvalidasi dan uji coba diperoleh kesimpulan bahwa prototype reaktor dan prosedur eksperimen yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran kimia. Hasil penelitian menyarankan perlunya penerapan produk dalam pembelajaran kimia dengan mengadopsi pembelajaran berbasis proyek Pengembangan Prototype Reaktor Dan Prosedur Eksperimen Pembuatan Biogas Skala Rumah Tangga Dari Sampah Organik Untuk Pembelajaran Kimia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosedur eksperimen, Prototype reaktor biogas skala rumah tangga, Pembelajaran kimia
Subjects: Knowledge
Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dr Ida Farida
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:58
Last Modified: 03 Jul 2018 03:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

View Item View Item