Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII Semester II SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan)

Salamah, Syifa (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII Semester II SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V SIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI khususnya pada pokok bahasan hukum bacaan nun sukun dan tanwin yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, kurangnya aktivitas siswa dalam kegiatan proses pembelajaran sehingga menjadikan siswa mengalami kejenuhan dan pasif dikelas. Selain itu guru masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga kurang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada perumusan masalah, yaitu (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran aktif tipe card sort, (2) proses penerapan metode card sort, (3) dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran aktif tipe card sort pada pokok bahasan hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Hasil Belajar yang maksimal dapat diperoleh dengan menggunakan metode pembelajaran aktif (active learning). Mengapa demikian karena ketika siswa pasif dikelas atau hanya menerima dari pengajaran langsung dari guru, ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah diberikan. Ini berkaitan dengan proses mengajar guru dalam menyampaikan pelajaran yang seharusnya tidak menjadikan siswa hanya sebagai objek belajar sehingga proses pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered) tetapi siswa dijadikan sebagai subyek sehingga proses pembelajaran berpusat pada murid (student centrered). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah proses pembelajaran pokok bahasan hukum bacaan nun sukun dan tanwin pada kelas VII semester II SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan. Dan dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian diawali dengan pretest, proses penerapan dan posstest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, wawancara dan observasi. Hasil penelitian dari kegiatan pretest yang dilakukan sebelum penerapan metode pembelajaran aktif tipe card sort diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 58,8%. Pada proses penerapan metode pembelajaran aktif tipe card sort dapat diterapkan dengan baik dan diperoleh hasil rata-rata belajar siswa pada siklus I 80%. Kemudian berlanjut pada siklus II dan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 94%. Hal ini menunjukan bahwa proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 14%. Dengan demikian penerapan metode pembelajaran aktif tipe card sort dapat meingkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hukum bacaan nun sukun dan tanwin dikelas VII semester II SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PTK; Pembelajaran Aktif; Card Sort
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syifa Salamah
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:11
Last Modified: 28 Jun 2018 04:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item