Peran orang tua sebagai penanggung jawab terhadap pendidikan anaknya dalam QS. At-Tahrim ayat 6 menurut Dr. Kadar M Yusuf dan Dr. Zakiah Daradjat

Harisman, Febie (2018) Peran orang tua sebagai penanggung jawab terhadap pendidikan anaknya dalam QS. At-Tahrim ayat 6 menurut Dr. Kadar M Yusuf dan Dr. Zakiah Daradjat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kekhawatiran terhadap fenomena yang terjadi seperti kenakalan remaja, geng motor, tawuran antar pelajar, bulliying, miras, narkoba dan lain sebagainya yang terjadi dikalangan anak usia sekolah. Diantara faktornya ialah kurangnya kesadaran serta minimnya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dikeluarga oleh orang tua. Padahal, secara normatif ajaran agama Islam menuntun dan mengajarkan manusia untuk berbuat baik dan meninggalkan buruk sehungga terbentuk manusia yang rahmatan lil ‘alamiin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga hal, yaitu: Pertama peranan orang tua sebagai penanggung terhadap pendidikan anaknya dalam tinjauan Ilmu Pendidikan Islam, kedua penjelasan mufassir QS. At-Tahrim ayat 6 dan ketiga peran orang tua sebagai penanggung jawab terhadap pendidikan anaknya menurut Kadar M Yusuf dan Zakiah Daradjat. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa orang tua adalah pendidik utama dan pertama dalam hal penanaman keimanan bagi anaknya. Peran keduanya tidak bisa tergantikan dalam hal pendidikan. Disebut pendidik utama karena besar sekali pengaruhnya terhadap psikologis anak. Disebut pendidik pertama karena merekalah yang pertama mendidik anaknya. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif serta metode yang digunakan adalah Content Analysis atau analisis isi. Hal ini dilakukan melalui studi kepustakaan atau library research yang bersifat normatif untuk mengetahui pemahaman yang komprehensip mengenai konsep yang akan diteliti oleh penulis. Sumber data yang digunakan adalah buku Tafsir Tarbawi karya Kadar M Yusuf dan Ilmu Pendidikan Islam karya Zakiah Daradjat sebagai data primer dan sumber data sekunder diantaranya Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga karya Mahmud, Ilmu Pendidikan Islam karya Ramayulis serta buku penunjang lainnya. Pengumpulan data, dilakukan dengan menggunakan teknik studi kepustakaan (book research). Hasil dari penelitian ini ialah: Pertama tinjauan Ilmu Pendidikan Islam tentang peran orang tua sebagai penanggung jawab terhadap pendidikan anaknya, mempunyai peran serta fungsi yang utama dalam keluarga khususnya bagi pendidikan anaknya. Kedua penjelasan mufassir mengenai QS. At-Tahrim ayat 6 ialah perintah kepada orang beriman untuk menjaga diri dan keluarga mereka dari siksa api neraka, perintah untuk bertakwa serta berdakwah yang dimulai dari keluarga. Ketiga, menurut Kadar M Yusuf dan Zakiah Daradjat, pendidikan keluarga mesti dimulai dari suami dan istri mereka adalah pendidik pertama dan utama bagi anak-anak mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab orang tua; Pendidik pertama dan utama; QS. At Tahrim Ayat 6; Content analysis
Subjects: Education, Research
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Harisman Febie
Date Deposited: 02 Jul 2018 02:21
Last Modified: 02 Jul 2018 02:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10608

Actions (login required)

View Item View Item