Pengaruh penerapan metode time token berbasis random card terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Kota Bandung

Taufiq, Muhammad Ihsan (2017) Pengaruh penerapan metode time token berbasis random card terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP PGRI 1 kota Bandung melalui pengamatan secara langsung serta wawancara guru mata pelajaran PAI, diperoleh informasi mengenai rendahnya keaktifan siswa terhadap mata pelajaran PAI yang dibuktikan dari observasi terdapat siswa yang masih pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kemungkinan penyebabnya pembelajaran masih menggunakan strategi dan metode yang kurang efektik dan kreatif. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih strategi dan metode pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih metodetime token berbasis random card. Metode time token berbasis random card dalam prakteknya guru memberi keleluasan kepada siswa untuk berlatih keaktifan spesifik dimana keaktifan yang dimaksud adalah keaktifan yang disertai dengan arahan dan bantuan guru sebagai model. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode time token berbasis random card terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI dan pengaruh metode time token berbasis random card terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen desain nonequivalent control group design dengan sampel masing-masing berjumlah 30 siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Adapaun pengumpulan data menggunakan tes praktek pretest dan posttest yang berjumlah 10 butir instrumen. Sedangkan teknik analisis data diperoleh melalui perhitungan statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode time token berbasis random card dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa sebesar 35,33%. Sedangkan dengan menggunakan statistik uji wilcoxon diperoleh Zhitung = 4,7 dan Ztabel= 1,645. Sehinga Zhitung > Ztabel. Data ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari kedua kelas tersebut dengan kata lain terdapat perbedaan antara kelas yang mendapat perlakuan dan kelas yang tidak mendapat perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode time token berbasis random card terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI. (penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Kota Bandung).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 03 Jul 2018 08:54
Last Modified: 03 Jul 2018 08:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item