Peran guru pada pembelajaran PAI berbasis multikultural peserta didik: Penelitian pada siswa kelas XI SMK Bakti Nusantara 666

Fuadi, Muhammad Jamil (2017) Peran guru pada pembelajaran PAI berbasis multikultural peserta didik: Penelitian pada siswa kelas XI SMK Bakti Nusantara 666. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, SMK Baknus 666 merupakan sekolah umum, ada di antara siswanya yang non muslim, Peneliti menemukan sistem pembelajaran di dalam kelas yang belum berjalan secara efektif, karna belum semuanya ditunjang dengan sarana infrastruktur yang mendukung, seperti ketersediaan alat dan bahan yang masih terbatas, yang menjadikan niat belajar siswa kurang, dan hasil pembelajaranpun dinilai kurang efektif. Adanya beberapa siswa dan siswi yang non muslim membuat metode pengajaran yang diajarkan oleh guru harus menyesuaikan dengan lingkungan kelas. Penelitian ini bertujuan: (a) Untuk mengetahui peran guru dalam pembelajaran PAI. (b) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran PAI berbasis multikultural peserta didik. (c) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam pembelajaran PAI berbasis multikultural peserta didik. Penelitian ini berangkat dari suatu kerangka teoritis bahwa Pembelajaran multikultural adalah sebuah proses pembelajaran yang dapat membimbing, membentuk dan mengkondisikan siswa agar memiliki mental atau karakteristik terbiasa hidup ditengah-tengah perbedaan yang sangat kompleks, baik perbedaan ideologi, perbedaan sosial, perbedaan ekonomi dan perbedaan agama. Dengan pembelajaran mutikultural para lulusan akan dapat memiliki sikap kemandirian dalam menyadari dan menyelesaikan segala problem kehidupannya, melalui berbagai macam cara dan strategi pendidikan serta mengimplementasikanya yang mempunyai visi dan misi yang selalu menegakan dan menghargai pluralisme, demokrasi dan humanisme. Metode penelitian yang digunakan adalah Study Kasus. Penelitian ini dilakukan memakai teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa: (1) Dengan menyelenggarakan proses pembelajaran yang demokratis dan objektif di dalam kelas. Artinya segala tingkah lakunya, baik sikap dan perkataannya, tidak diskriminatif (bersikap adil dan tidak menyinggung) peserta didik yang berbeda dalam pemahaman keberagamaannya. (2) Menyusun rencana atau rancangan pembelajaran yang bertujuan mengarahkan peserta didik untuk memiliki kepedulian dan sikap toleransi yang tinggi terhadap kejadian-kejadian tertentu yang ada hubungannya dengan agama. (3) Menciptakan suasana yang religius baik bersifat vertikal yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler Islami. (4) Mengembangkan kesadaran multikulturalis peserta didiknya (5) Guru bertindak sebagai fasilitator evaluator dankomunikator dalam menciptakan suasana keagamaan bagi individu-individu maupun kelompok pada lingkungan peserta didik dan mampu menghadapi keragaman yang ada di lingkungan sekolah dengan profesional dan proporsional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 03 Jul 2018 08:56
Last Modified: 03 Jul 2018 08:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10676

Actions (login required)

View Item View Item