Etika Pamali Dalam Tradisi Sunda: Studi Deskriptif di Kasepuhan Kampung Adat Urug Desa Urug Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor

Galang Logika, Gilang Kreasi (2018) Etika Pamali Dalam Tradisi Sunda: Studi Deskriptif di Kasepuhan Kampung Adat Urug Desa Urug Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy

Abstract

Sikap dan perilaku individu atau kelompok masyarakat, diatur oleh sebuah Norma. Hampir tak dapat dipastikan, ada manusia yang tak mengenal Etika. Baik manusia Modern maupun kelompok manusia primitif sekalipun. Berbagai kecenderungan tindakan baik dan buruk dalam perjalanan hidup manusia ditentukan oleh sebuah konsep yang disebut dengan Norma. Untuk seterusnya, dari Norma inilah, nanti timbul konsep tentang Moral dan Etika yang kerap dijadikan pedoman individu dalam kesehariannya. Setiap suku Bangsa di Indonesia memiliki tata perilaku tersendiri. Dalam penelitian ini, studi dikhususkan pada suku Sunda. Pamali, sebagai salah satu ekspresi dari kekayaan Budaya Sunda, dijadikan oleh orang Sunda sebagai pengetahuan menentukan baik tidaknya sebuah perbuatan. Merupakan sebuah keniscayaan bahwa sistem nilai yang terkandung dalam Pamali pada akhirnya menjadi bagian dari Etika orang Sunda. Penulis menggunakan penelitian kualitatif. Dengan pendekatan Filsafat, Psikologi dan Fenomenologi Agama, penulis mengumpulkan fakta data di lapangan, untuk kemudian di uraikan dan, dengan sedikit mereduksi bagian yang kurang relevan dalam pembahasan. Dalam mengumpulkan data, penulis memakai teknik observasi, studi kepustakaan dan wawancara mendalam dengan dokumentasi selama tiga bulan. Selanjutnya, penulis mendeskripsikan data hasil temuan yang disusun secara tematik. Penelitian ini bukan bertujuan menguraikan macam-macam Pamali yang terdapat dalam kehidupan orang Sunda. Akan tetapi, mencoba memberi penjelasan mengenai Etika Pamali dalam pandangan masyarakat Adat Sunda, yang dalam hal ini dikhususkan pada masyarakat di Kasepuhan Kampung Adat Urug Bogor. Fokus penelitian meliputi, konsep Etika Pamali sebagai sistem nilai, ungkapan penerapannya, dan hubungannya dengan Etika beragama dalam tradisi masyarakat tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa telah terjadi dikotomi pengetahuan terhadap sistem nilai yang dipakai. Etika Pamali dalam Tradisi Sunda terpisah menjadi tatanan nilai bagi orang Adat sebagai nilai warisan leluhur yang berbeda dengan Etika beragama. Kendati demikian, tak dapat dipungkiri hasil penelitian juga menunjukkan telah terjadi akulturasi yang sinergis dalam Etika beragama di masyarakat. Hal ini tercermin dalam bentuk sikap toleran terhadap penerapan Adat Istiadat setempat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: etika; pamali; sunda;
Subjects: Other Philosophical Systems and Doctrines > Other Systems and Doctrines
Ethics, Moral Philosophy
Ethics, Moral Philosophy > Philosopy and Theory of Ethics
Ethics of Social Relations
Other Ethical Norms
Religious Mythology
Religious Ethics
Culture and Institutions > Subculture
Culture and Institutions > Religious Institution
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Perbandingan Agama
Depositing User: mr gilang logika
Date Deposited: 04 Jul 2018 07:06
Last Modified: 04 Jul 2018 07:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item