Tanggapan siswa pada penerapan model pembelajaran treffinger pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif siswa pada submateri sujud di luar salat: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII MTs Al-Wathon Purwakarta

Arifin, Aceng Tajul (2012) Tanggapan siswa pada penerapan model pembelajaran treffinger pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif siswa pada submateri sujud di luar salat: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII MTs Al-Wathon Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada pembelajaran fiqih yang masih bersifat konvensional dan sulitnya siswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran fiqih sehingga keterampilan berpikir siswa tidak berkembang. Oleh karena itu, pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada murid (student centered); metodologi yang semula lebih didominasi ekspositori beralih menjadi partisipatori; dan pendekatan yang semula lebih banyak bersifat tekstual berubah menjadi konstektual. Salah satu solusi yang bisa menjadi alternatif yaitu dengan menggunakan model pembelajaran treffinger. Model pembelajaran treffinger adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa lebih aktif dalam suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar kognitif siswa pada submateri sujud di luar salat. Hipotesis yang digunakan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap hasil belajar kognitif siswa pada submateri macam-macam sujud di luar salat. Berdasarkan teori bahwa model pembelajaran treffinger ini terdiri atas 3 komponen yaitu understanding challenge (memahami tantangan), generating ideas (membangkitkan gagasan-gagasan/ide-ide) dan preparing for action (mempersiapkan tindakan) yang dirinci ke dalam 6 tahapan (Treffinger 2002:1). Menurut Sarson dalam Nurhayati (2008: 15), karakteristik yang paling dominan dari model pembelajaran treffinger adalah mengintegrasikan dimensi kognitif dan afektif siswa dalam menyelesaikan masalah dengan demikian model pembelajaran treffinger dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Al-Wathon Purwakarta. Tehnik penarikan sampelnya menggunakan purposive sampling dan yang dijadikan sampel adalah dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran treffinger dan kelas kontrol yang tanpa menggunakan model. Hasil penelitian selama dua kali pertemuan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru selama mengikuti pembelajaran fiqih menggunakan model pembelajaaran trefffinger mengalami peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran treffinger rata-rata nilai postes 74 dengan kategori baik dan hasil tanggapan siswa terhadap model treffinger rata-rata 3.25 dengan kategori cukup baik. Sesuai dengan hasil uji signifikansi (uji z) yang menunjukan zhitung(4.35) lebih besar dari nilai ztabel(1.80) maka Ha diterima. Besarnya peningkatan hasil belajar kognitif yang ditunjukkan oleh indeks gain adalah sebesar 8.2. Nilai ini termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian model pembelajaran treffinger berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada submateri sujud di luar salat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:36
Last Modified: 09 Jul 2018 03:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10727

Actions (login required)

View Item View Item