Representasi perempuan dalam film jilbab traveler love sparks in korea: analisis wacana pesan dakwah pada fim jilbab traveler love sparks in korea

Nurfadilah, Rifka (2018) Representasi perempuan dalam film jilbab traveler love sparks in korea: analisis wacana pesan dakwah pada fim jilbab traveler love sparks in korea. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dakwah melalui media saat ini sangat beragam, salah satunya melalui media film, yang menampilkan nilai-nilai Islam untuk dipertontonkan kepada masyarakat. Salah satunya film Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea yang merupakan film yang bergenre adventure dan drama romantis. Dalam film ini menceritakan perjuangan seorang perempuan Muslim untuk bisa mengelilingi dunia. Jilbab sebagai identitasnya tidak menghalanginya untuk menggapai mimpi menjadi sosok Ibnu Battutah. Di dalam perjalanannya menjelajah diapun menemukan cinta sejati untuk menemaninya melanjutkan mimpinya mengelilingi dunia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana posisi subjek dan pesan dakwah, posisi objek dan pesan dakwah, posisi penonton dan pesan dakwah. Sehingga menemukan representasi perempuan dalam film Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan hasil yang deskriptif. Metode penelitian menggunakan metode analisis wacana, berguna untuk mengkaji struktur pesan di dalam film hingga diketahui maksud dan tujuannya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan cara pengumpulan data dalam film untuk mengamati adegan dan dialog dalam film. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan posisi objek adalah Rania yang kehadirannya tidak dibatasi. Posisi objek adalah tokoh lain yang tidak bisa keberadaannya dibatasi. Dan penonton menempatkan posisinya pada Rania sebagai pemeran utama. Hasil representasi perempuan dalam film yaitu, perempuan juga memiliki persamaan derajat dengan laki-laki,perempuan memiliki semangat yang besar dalam meraih cita-cita, perempuan sebagai sosok yang kuat mampu menjalani kehidupannya sendiri, namun dibalik sosok yang kuat perempuan memiliki perasaan yang lembut, memenuhi tugasnya sebagai tanggung jawabnya. Selain itu, perempuan direpresentasikan memiliki kebebasan yang sama dengan laki-laki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Perempuan, Dakwah, Film
Subjects: Islam > Da'wah
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rifka Nurfadilah
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:10
Last Modified: 05 Jul 2018 08:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10756

Actions (login required)

View Item View Item