Peran lembaga pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Penelitian di Desa Cibeunying Kecamatan Cimenyan

Ramadhan, Gilang (2018) Peran lembaga pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Penelitian di Desa Cibeunying Kecamatan Cimenyan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan hidup merupakan harapan, keinginan serta dambaan, setiap manusia yang terlahir di muka bumi ini, karena sejahtera adalah suatu kondisi dimana masalah sosial dapat diminimalisir sehingga memungkinkan hidup selalu bahagia. Kesejahteraan sosial merupakan tanggung jawab pemerintah, namun dalam realisasinya juga perlu peran masyarakat sebagai partner pemerintah untuk mengupayakan kesejahteraan sosial. Salah satu wujud peran masyarakat dalam mengupayakan kesejahteraan sosal yaitu melalui organisasi soisal atau perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat itu sendiri, salah satunya LPM yang merupakan suatu wadah dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra kerja pemerintah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat dalam bidang kesejahteraan seperti yang terjadi di Desa Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui proses pembentukan Lembaga Pemerdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahterakan masyarakat Desa Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, mengetahui apa saja kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Dan mengetahui hasil dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan Kesejahateraan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam teknis menganalisa data dalam penelitian ini, yakni melelui tahapan penyajian data, klasifikasi data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan teori mobilisasi sumber daya yang dikemukakan oleh Obershall. Dalam pertanyaannya, bahwa mobilisasi sumber daya mencakup tiga hal yaitu proses pembentukan suatu lembaga, kelompok masyarakat dan tujuan kolektif masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Proses pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Desa Cibeunying berawal pada tahun 2007 yang dilatar belakangi dengan kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial di Desa Cibeunying yang masih sangat minim pihak desa tergerak untuk mendirikan suatu lembaga kemasyarakatan yang langsung dinaungi oleh pihak pemerintahan desa. 2) Kegiatan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cibeunying membentuk kelompok-kelompok usaha masyarakat yang berkontribusi sebagai kelompok usaha penyedia lapangan kerja baru dan sebagai pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat Desa Cibeunying. 3) Hasil yang dicapai oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Cibeunying sejatinya adalah untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat baik dalam segi sandang, pangan dan papan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; LPM; Kesejahteraan; Masyarakat
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Gilang Ramadhan
Date Deposited: 05 Jul 2018 03:39
Last Modified: 05 Jul 2018 03:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10769

Actions (login required)

View Item View Item