Pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Cianjur nomor 01 tahun 2012 tentang penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia Kabupaten Cianjur ke luar negeri ditinjau dari siyasah dusturiyah

Putri, Risna Nurdiana (2018) Pelaksanaan peraturan daerah Kabupaten Cianjur nomor 01 tahun 2012 tentang penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia Kabupaten Cianjur ke luar negeri ditinjau dari siyasah dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri tidak lepas dari implikasi positif dan negatif.Dalam Perda Cianjur No. 01 Tahun 2012 pasal 4 ayat 3 disebutkan dalam penempatan dan perlindungan TKI, Pemda mempunyai tanggung jawab “memberikan perlindungan kepada CTKI/TKI selama pra penempatan dan purna penempatan serta memfasilitasi selama masa penempatan.” Berdasarkan pemaparan di atas, penulis tertarik melakukan penelitian bagaimana Pelaksanaan Perda Kabupaten Cianjur No. 01 Tahun 2012 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Kabupaten Cianjur ke Luar Negeri dan, apa faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan Perda tersebut, serta bagaimana tinjauan Siyasah Dusturiyah terkait pelaksanaan Perda tersebut. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui Pelaksanaan Perda Kabupaten Cianjur No. 01 Tahun 2012 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Kabupaten Cianjur ke Luar Negeri dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan perda tersebut, serta mengetahui tinjauan Siyasah Dusturiyah terkait Pelaksanaan Perda tersebut. Dalam Islam, perlindungan dapat dilihat dari tujuan hukum Islam atau lebih dikenal maqasid as-syari’ah (hifz diin, hifz nafs, hifz aql, hifz mal, hifz nasl). Kelima penjagaan tersebut adalah satu entitas yang saling berkaitan. Upaya melindungi jiwa berarti juga upaya melindungi agama, akal, harta dan keturunan. Metode penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah Penelitian Kualitatif yang datanya adalah data kualitatif sehingga analisisnya kualitatif (Deskriptif). Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini adalah; teknik observasi dan teknik wawancara. Metode analisis dalam penulisan hasil penelitian dengan metode deskriptif-analisis. Berdasarkan hasil penelitian, Pelaksanaan Perda No. 01 Tahun 2012 dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Disnakertrans melaksanakan Perda ini seluruhnya dan pelaksaannya dilakukan sesuai dengan perda tersebut.Walau demikian, masih ada masalah yang menimpa TKI asal Cianjur. Faktor pendukung dalam pelaksanaan Perda tersebut yaitu banyaknya calon TKI (minat) masyarakat Kabupaten Cianjur yang ingin bekerja ke luar negeri. Adapun faktor penghambat antara lain (1) Banyak identitas penduduk yang belum benar (2) Kurangnya informasi yang Dinas dapatkan dari PPTKIS bahwa CTKI tersebut ditempatkan dimana (3) Sedikit sekali data kepulangan yang diperoleh Dinas. Perda No. 01 Tahun 2012 jika ditinjau dari Siyasah Dusturiyah sejalan dengan prinsip-prinsip Siyasah Dusturiyah. Keduanya sama-sama menekankan aspek perlindungan terhadap jiwa manusia (hifdzu nafs).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Perda; TKI; Siyasah Dusturiyah;
Subjects: International Law > Human Rights
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Risna Nurdiana Putri
Date Deposited: 05 Jul 2018 03:52
Last Modified: 05 Jul 2018 03:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item View Item