Optimalisasi Pengelolaan Lembaga Amil Zakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat(Studi Deskriptif pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta)

Nursifa, Erna Siti (2018) Optimalisasi Pengelolaan Lembaga Amil Zakat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Umat(Studi Deskriptif pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan ibadah ma’liyah yang memiliki status dan fungsi dalam syariat Islam yang mengaprah kepada daya guna yang tepat guna dan produktif, oleh karena itu diperlukannya suatu pengelolaan yang baik. Pemikiran bahwa zakat adalah dana yang meski dikelola oleh suatu lembaga dan mempunyai pemikiran kedepan dalam mensejahterakan umat, kesejahteraan akan tercapai dengan baik bila suatu komitmen dalam lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dapat menjalankan suatu program kerja yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta, kemudian program apa saja yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Purwakarta dalam meningkatkan kesejahteraan umat, serta seperti apa hasil dari optimalisasi pengelolaan Badan Amil Zakat Nasional dalam meningkatkan kesejahteraan umat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yakni menggambarkan situasi dan peristiwa. Dalam hal ini, Penulis memaparkan tentang bagaimana optimalisasi pengelolaan guna meningkatkan kesejahteraan umat. Kemudian jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program kegiatan pendistribusian di BAZNAS Kabupaten Purwakarta telah menerapkan model pengelolaan yaitu meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Di pengelolaan tersebut terdapat program-program yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten purwakarta meliputi: Purwakarta sejahtera istimewa, Purwakarta cerdas Istimewa, Purwakarta sehat istimewa, Purwakarta dangiang Iman, dan Purwakarta sauyunan. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan BAZNAS Kabupaten Purwakarta melalui program yang ada di BAZNAS Kabupaten Purwakarta bisa dikatakan berhasil karena kinerja Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Purwakarta dapat diwujudkan dalam kesejahteraan masyarakat yang terayomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Zakat; Kesejahteraan Umat
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Erna Siti Nursifa
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:23
Last Modified: 05 Jul 2018 06:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item