Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Pai Materi Shalat Berjamaah : Penelitian Pada Kelas Vii Smp Pgri Gunung Picung

Ismail, Muhamad (2017) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Mata Pelajaran Pai Materi Shalat Berjamaah : Penelitian Pada Kelas Vii Smp Pgri Gunung Picung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP PGRI Gunung Picung melalui pengamatan secara langsung serta wawancara guru mata pelajaran PAI yaitu Ibu Elly Nurlia S.Pd.I, diperoleh informasi mengenai rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PAI materi shalat berjamaah yang dibuktikan dari hasil ujian praktek yang masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Kemungkinan penyebabnya pembelajaran masih menggunakan strategi dan metode yang kurang efektik dan kreatif. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih strategi dan metode pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih metode demonstrasi. Metode demonstrasi dalam prakteknya guru/siswa mendemonstrasikan suatu kegiatan dimana kegiatan yang dimaksud adalah shalat berjamaah dengan arahan dan bantuan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi terhadap pemahaman siswa dalam melakukan shalat berjamaah dan pengaruh metode demonstrasi terhadap pemahaman siswa dalam melakukan shalat berjamaah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen desain nonequivalent control group design dengan sampel masing-masing berjumlah 33 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Adapun pengumpulan data menggunakan tes tulis (pilihan ganda) pretest dan posttest yang berjumlah 10 butir soal. Namun, sebelum diadakan pretest dan posttest terlebih dahulu diadakan uji coba soal sebanyak 50 butir soal. Sedangkan teknik analisis data diperoleh melalui perhitungan statistik yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode demonstrasi dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap pemahaman siswa dalam melakukan shalat berjamaah. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa sebesar 69%. Sedangkan dengan menggunakan statistik uji T diperoleh thitung = 7,78 dan ttabel = 2,67. Sehinga thitung > ttabel. Data ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari kedua kelas tersebut dengan kata lain terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas konrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap pemahaman mata pelajaran PAI materi shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode; Pemahaman; Shalat Berjamaah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Ismail
Date Deposited: 06 Jul 2018 07:24
Last Modified: 06 Jul 2018 07:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10858

Actions (login required)

View Item View Item