Penerapan kode etik jurnalistik di media online: Analisis studi kasus pada foto berita ledakan bom Sarinah di Tribunnews.com edisi 14-17 Januari 2016

Sikumbang, Fadly Ilhamy (2016) Penerapan kode etik jurnalistik di media online: Analisis studi kasus pada foto berita ledakan bom Sarinah di Tribunnews.com edisi 14-17 Januari 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Tribunnews.com sebagai salah satu media massa online mempunyai peran sebagai sarana bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara aktual (cepat) dan faktual (fakta). Namun, tentu masih terdapat ketidaksesuaian atau pelanggaran (tidak semua) dalam setiap pemberitaan atau penyebaran informasi oleh para jurnalis, baik secara sengaja ataupun tidak, khususnya pada pemberitaan foto berita kasus “Ledakan Bom Sarinah” di Tribunnews.com edisi 14 hingga 17 Januari lalu. Tujuan penelitian ini adalah untuk tentang mekanisme pemberitaan foto di media online Tribunnews.com dan pelaksanaan kode etik jurnalistik pemberitaan foto “Ledakan Bom Sarinah” di media online Tribunnews.com edisi 14-17 Januari 2016. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dimana peneliti hanya memiliki peluang kecil sekali atau tak mempunyai peluang sama sekali untuk melakukan kontrol terhadap peristiwa yang diteliti. Mekanisme pemberitaan menggunakan teori konstruksi sosial media massa Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Hasil penelitian terbagi menjadi dua, yakni (1) Mekanisme pemberitaan foto di media online Tribunnews.com dari mulai persiapan materi seperti pencarian berita foto oleh wartawan foto di lapangan yang diteruskan ke redaktur foto untuk diedit. Penyebaran materi dari mulai penyaringan kualitas hingga penyesuaian dengan prinsip-prinsip jurnalisme hingga mempublikasikan foto secara cepat dan akurat. Tahap konfirmasi dimana timbul respon atau feedback dari khalayak pembaca terhadap berita yang dipublikasikan; (2) Pelaksanaan kode etik jurnalistik pemberitaan foto “Ledakan Bom Sarinah” di media online Tribunnews.com edisi 14-17 Januari 2016 dimana terdapat foto- foto yang diduga tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik yang dibenarkan oleh para informan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam Umum > Majalah Agama Islam, Jurnal Agama Islam, Penerbitan-penerbitan Berkala Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:09
Last Modified: 09 Jul 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item