Bimbingan Sholat melalui Teknik Modeling dalam Menumbuhkan Perilaku Beragama Anak Usia Dini: Penelitian di RA Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta.

Utami, Putri (2018) Bimbingan Sholat melalui Teknik Modeling dalam Menumbuhkan Perilaku Beragama Anak Usia Dini: Penelitian di RA Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
B AB I.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

RA. Al-Anshori merupakan wadah untuk mencetak generasi muslim yang berakhlaq mulia, bersikap dan bertutur kata yang baik. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menumbuhkan perilaku beragama pada diri anak. Bimbingan sholat di RA. Al-Anshori ini dalam pelaksanaannya menggunakan teknik modeling, pembimbing dijadikan sebagai teladan oleh anak didiknya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kondisi perilaku beragama anak usia dini di RA. Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan Sholat melalui teknik modeling di RA Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Untik mengetahui kondisi perilaku beragama anak usia dini setelah mengikuti bimbingan Sholat melalui teknik modeling di RA. Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan anak didik, pembimbing (guru) dan kepala sekolah RA. Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perilaku beragama anak usia dini di RA.Al-Anshori belum berkembang dengan baik mengenai Sholat. Bimbingan Sholat menjadi kegiatan untuk mengatasi permasalahan dalam menumbuhkan perilaku beragama anak. pembimbing menggunakan teknik modeling, melalui beberapa tahap, yaitu 1) Tahap Perhatian 2) Tahap Retensi 3) Tahap Reproduksi 4) Tahap Motivasi dan Penguatan. Hasil Bimbingan Sholat melalui teknik modeling dalam menumbuhkan perilaku beragama anak usia dini di RA.Al-Anshori Tegal Munjul Purwakarta ditandai dengan adanya kemajuan-kemajuan pada diri anak dalam berperilaku. Seperti anak sudah dapat membacakan doa sehari-hari sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, perubahan akhlaq, anak paham bagaimana harus bersikap sopan terhadap orang tua, membantu teman selain itu anak sudah dapat menghafal surat-surat pendek dalam Al-Quran, dan anak sudah dapat menghafal bacaan dan mempraktikan gerakan Sholat. Setelah mengikuti kegiatan bimbingan Sholat, anak siap menjadi pribadi yang memiliki perilaku beragama baik, yang dapat hidup di masyarakat dan memiliki pengaruh baik dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Putri Utami Prasetyo
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:52
Last Modified: 06 Jul 2018 08:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10864

Actions (login required)

View Item View Item