Implementasi teknik perencanaan pada pengelolaan kelompok bimbingan ibadah haji dalam meningkatkan kualitas manasik haji: Studi deskriptif di KBIH Yayasan Assalaam Bandung, jalan Sasak Gantung No. 16 Kota Bandung

Anissa, Lia (2015) Implementasi teknik perencanaan pada pengelolaan kelompok bimbingan ibadah haji dalam meningkatkan kualitas manasik haji: Studi deskriptif di KBIH Yayasan Assalaam Bandung, jalan Sasak Gantung No. 16 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) merupakan sebuah organisasi dakwah yang bertugas untuk membimbing penyelenggaraan ibadah haji kepada calon jama’ah haji agar dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan syarat dan rukun haji sehingga nantinya menjadi haji yang mabrur. Sebagai sebuah organisasi, KBIH harus menerapkan teknik perencanaan untuk mengukur kualitas manasik haji, termasuk KBIH Yayasan Assalaam, dimana pada setiap tahunnya KBIH tersebut berhasil membimbing seluruh jama’ah yang bergabung, sehingga kepercayaan masyarakat kepada KBIH Yayasan Assalaam Bandung semakin bertambah, semua itu tidak terlepas dari penerapan teknik perencanaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik perencanaan yang diterapkan oleh KBIH Yayasan Assalaam Bandung dalam meningkatkan kualitas manasik haji, Implementasi teknik perencanaan merupakan salah satu implementasi fungsi manajemen yang paling penting untuk keberlangsungan aktivitas didalam organisasi begitupun KBIH. Perencanaan juga merupakan fungsi dasar manajemen, karena pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pun harus terlebih dahulu direncanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan dan menjelaskan data-data mengenai implementasi teknik perencanaan pada KBIH Yayasan Assalaam Bandung dalam meningkatkan kualitas manasik haji melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi terhadap objek penelitian Hasil penelitian menunjukan bahwa KBIH Yayasan Assalaam dalam melaksanakan manasik haji tidak terlepas dari penerapan teknik perencanaan yaitu dengan menggunakan teknik Gantt Chart karena dengan adanya teknik perencanaan Gantt Chart, semua perencanaan bisa tersusun rapi dan semua kegiatan bisa berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan. Teknik perencanaan tersebut diimplementasikan dalam pembuatan program perencanaan KBIH, program manasik haji, program ibadah di tanah suci, merancang proses pendaftaran dan perekrutan calon jama’ah haji, dan merancang program bimbingan pasca ibadah haji (IHYA). Implementasi teknik tersebut menghasilkan KBIH Yayasan Assalaam yang berkualitas, dan terlihat dari beberapa aspek, pembimbing jama’ah yang professional dan sudah berkali-kali naik haji, materi bimbingan yang lebih banyak dari KBIH yang lain serta waktu bimbingan yang cukup lama, kepuasan jama’ah bisa dilihat dari pelayanan prima kepada seluruh jama’ah, dan penguasaan jama’ah terhadap materi bimbingan dilihat sangat baik dengan dibuktikan seluruh jama’ah hafal materi bimbingan yang diberikan oleh KBIH Yayasan Assalaam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:07
Last Modified: 09 Jul 2018 03:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

View Item View Item