Implementasi program pesan singkat penduduk (PESDUK) di Kota Cimahi tahun 2013-2016

Rahman, Irma Imaniar (2018) Implementasi program pesan singkat penduduk (PESDUK) di Kota Cimahi tahun 2013-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)

Abstract

Program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) merupakan sarana komunikasi antara masyarakat dengan Pemerintah Kota Cimahi dengan tujuan untuk menampung saran, pertanyaan, laporan, keluhan maupun dukungan atau aspirasi untuk mengkritik dan ikut serta dalam keputusan kebijakan yang akan diambil atau sudah ditetapkan untuk masayarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rogram Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) dari Tahun 2013-2016 di Kota Cimahi dan untuk mengetahui hambatan dan keunggulan program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) dari Tahun 2013-2016 di Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada Diskominfo Kota Cimahi dan data sekunder yang diperoleh dengan cara mengumpulkan dokumen yang diperlukan dalam penelitian ini terkait program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk). Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) di Kota Cimahi belum maksimal, yaitu dari aspek interpretasi tidak memiliki peraturan yang jelas yang mengatur petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (SOP), kemudian dari aspek penerapannya pun tidak memiliki prosedur kerja yang jelas, program kerja yang terencana, dan jadwal kegiatan yang teratur. Namun, program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) tersebut masih dapat dilaksanakan, karena dari aspek organisasi sudah memiliki struktur organisasi yang jelas, sumber daya manusia yang berkualitas, dan perlengkapan serta alat kerja yang memadai. Keunggulan program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) di Kota Cimahi yaitu Kota Cimahi merupakan kota pertama yang menerapkan sistem pengaduan masyarakat melalui SMS, memiliki sumber daya manusia yang kompeten, Pesduk menjadi media yang bagus dalam menjaga kerahasiaan dari pelapor dibanding dengan media sosial lainnya, dan semua kalangan bisa menggunakannya. Kemudian hambatan dalam program Pesan Singkat Penduduk (Pesduk) di Kota Cimahi yaitu belum memiliki peraturan yang jelas yang mengatur petunjuk pelaksanaan dan teknis, tidak adanya standar operasional, tidak tegasnya aturan mengenai sanksi, sehingga menghambat planning atau progres, dan ketidakjelasan goals dari penanganannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program; Pesan Singkat Penduduk; Organisasi; Interpretasi; Penerapan/Aplikasi; Pelayanan
Subjects: Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:07
Last Modified: 09 Jul 2018 03:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10869

Actions (login required)

View Item View Item