Efektifitas kegiatan tausiyyah 17an terhadap kesadaran beragama veteran : studi deskriptif para anggota veteran LVRI DPC Kota Bandung

Nur Rahmah Safitri, Deby (2018) Efektifitas kegiatan tausiyyah 17an terhadap kesadaran beragama veteran : studi deskriptif para anggota veteran LVRI DPC Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftariisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menyeru kepada kebaikan seharusnya tidak memandang siapapun, terutama dalam masalah fisik dan usia. Sebelum terjun ke lapangan, da’i harus mengerti tentang kondisi sosial dan kultur yang ada di dalam masyarakat, sehingga memiliki titik fokus utama entah itu dari segi metode, pendekatan mad’u, serta materi yang disampaikan. Salah satunya yakni dakwah di dalam lingkungan veteran yang sudah memasuki usia senja. Perjuangan melawan penjajah di masa lalu membuat para veteran memiliki pengalaman kejayaan tentang rasa nasionalisme dan patriotism. Oleh sebab itu, minimnya pembicaraan tentang keagamaan pada saat masa muda membuat para veteran senantiasa harus diperhatikan tentang masalah rohaninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang keefektifan tausiyah yang ada di dalam lingkungan lembara para veteran. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhatian, pemahaman, serta penerimaan terhadap materi yang disampaikan oleh da’i serta bentuk kesadaran beragama dikalangan veteran. Penelitian ini berlokasi di LVRI DPC Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, penyebaran angket, wawancara dan analisis dokumen. Sedangkan penelitian ini didasarkan pada asumsi teori S-O-R yang dikembangkan oleh Hovland. Asumsi teori S-O-R ini kemudian dianalogikan dengan proses tausiyah yang implementasinya adalah aktifitas komunikasi yang terdiri dari stimulus (pesan), organisme (penerima), respon (efek). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan tausiyah memiliki efek yang baik dalam meningkatkan kesadaran beragama para veteran. Pesan yang disampaikan dalam bentuk tausiyah dan tanya jawab seputar permasalahan keagamaan yang dialami para veteran, mendapat penerimaan yang baik oleh sehingga dalam kehidupan sehari-hari para veteran mengamalkan apa yang didapat pada saat mengikuti kegiatan tausiyah. Segmentasi mad’u adalah bahwa para veteran pada saat masa muda sibuk berperang, kini saatnya mencari ilmu agama melalui kegiatan tausiyah untuk bekal menghadapi kematian kelak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tausiyah; kesadaran beragama; veteran
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Human Physiology > Adult Development and Maturity
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Deby Safitri Nur Rahmah
Date Deposited: 10 Jul 2019 07:00
Last Modified: 10 Jul 2019 07:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item