Peran bimbingan dengan metode diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial anak yatim: studi fenomenologi di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf Kota Bandung

Suhartinah, Suhartinah (2018) Peran bimbingan dengan metode diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial anak yatim: studi fenomenologi di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.docx.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.docx.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Interaksi merupakan hal yang penting karena manusia hidup dalam dimensi sosial. Kemampuan interaksi sosial yang baik pada anak akan memudahkan dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan baik di lingkungan masyarakat. Namun pada kenyataannya masih banyak anak di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf yang belum mampu melakukan interaksi sosial dengan baik, menjadi alasan utama pentingnya bimbingan dengan metode diskusi diberikan kepada anak agar mereka dapat bergaul dan berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial anak yatim, layanan bimbingan dengan metode diskusi, dan peran bimbingan dengan metode diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial anak yatim di Pondok Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan memberikan bantuan kepada individu agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan berupa fakta, angka-angka yang kemudian dideskriptifkan dengan memberikan predikat pada hasil prosentase. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan di pondok pesantren yatim dan dhuafa Al-Kasyaf menggunakan metode diskusi dengan tekhnik public speaking dengan durasi waktu mingguan. Proses interaksi sosial yang terjadi adalah bentuk assosiatif dan dissosiatif. Peran bimbingan dengan metode diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial dengan kategori tinggi (1) kemampuan relationship (2) kemampuan identifikasi masalah (3) kemampuan memfasilitasi perubahan dan (4) evaluasi interaksi sosial dengan rentang persentasi peningkatan 82%-94%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Metode Diskusi; Interaksi Sosial
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Suhartinah Suhartinah
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:08
Last Modified: 27 Aug 2018 02:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10902

Actions (login required)

View Item View Item