Perbandingan Prestasi Mahasiswa Berdasar Seleksi Masuk UIN, melalui PPA, Tes Tulis Lokal, dan SPMB: Studi pada Program Studi Fakultas Sains dan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Tekniknologi UIN SGD Bandung Angkatan Tahun 2007

Taupik Kurahman, Opik and Rusdiana, A. and Nurul Alam, Cecep and Taufik, Ichsan (2008) Perbandingan Prestasi Mahasiswa Berdasar Seleksi Masuk UIN, melalui PPA, Tes Tulis Lokal, dan SPMB: Studi pada Program Studi Fakultas Sains dan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Tekniknologi UIN SGD Bandung Angkatan Tahun 2007. Project Report. Lembaga Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
02-Perbandingan Prestasi Mhs Jur TI FST 2008.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Diketahui, bahwa perbandingan hasil belajar mahasiswa menjadi persoalan manakala raw input mahasiswa menunjukkan gejala yang berbeda. Mahasiswa dengan jalur tes yang manakah yang dianggap paling berpretasi? Bagaimana pengelolaan dan manajemen pembelajaran yang efektif jika terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan?. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif, yang menggambarkan keadaan dan gejala sesuai dengan apa adanya tanpa adanya perlakuan yang khusus, bahwa penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Beradasarkan analisis penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar mahasiswa Program Studi Informatika angkatan tahun 2007 pada kelompok mata kuliah Ilmu Agama Islam (Al-Qur’an/Ilmu Tafsir, Hadits Ilmu Hadits, Fiqh/Ushul Fiqh) antara mahasiswa yang diterima melalui jalur SPMB, PPA dengan yang diterima melalui Ujian Tulis Lokal tidak ada perbedaan yang signifikan; (2) Prestasi belajar mahasiswa Program Studi Informatika angkatan tahun 2007 pada kelompok mata kuliah Bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan English Communication Skill) antara mahasiswa yang diterima melalui jalur SPMB, PPA dengan yang diterima melalui Ujian Tulis Lokal berbeda secara signifikan; (3) Prestasi belajar mahasiswa Program Studi Informatika angkatan tahun 2007 pada kelompok mata kuliah Komponen Fakultas (Kimia Dasar, Fisika Dasar, Kalkulus, dan Pengetahuan Lingkungan) antara mahasiswa yang diterima melalui jalur SPMB, PPA dengan yang diterima melalui jalur Ujian Tulis Lokal bebeda secara aignifikan; (4) Prestasi belajar mahasiswa Program Studi Informatika angkatan tahun 2007 pada kelompok kuliah mata kuliah keahlian (Pengantar Teknologi Informasi, Algoritma dan Pemrograman, Aljabar Linier, Komputer dan Masyarakat) antara mahasiswa yang diterima melalui jalur SPMB, PPA dengan yang diterima melalui Ujian Tulis Lokal berbeda secara signifikan; (5) Indeks Prestasi mahasiswa semester I dan II Program Studi Informatika angkatan tahun 2007 antara mahasiswa yang diterima melalui jalur SPMB, PPA dengan yang diterima melalui Ujian Tulis Lokal berbeda secara signifikan. Penelitian ini, menyimpulkan bahwa mahasiswa yang diterima melalui SPMB mempunyai prestasi lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang diterima melalui PPA dan ujian lokal, karena mereka merupakan siswa-siswa berprestasi di sekolahnya dan mengikuti seleksi lebih kompetitif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: prestasi
Subjects: Procedures, Equipment of Chemistry > Testing and Measuring
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 19:40
Last Modified: 24 Oct 2019 02:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10936

Actions (login required)

View Item View Item