Pengaruh Efektivtas Pemungutan Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung

Rahmalia, De Sita (2018) Pengaruh Efektivtas Pemungutan Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstraks.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan Asli Daerah merupakan sumber pendapatan yang penerimaannya sebagian besardi peroleh dari hasil Pajak Daerah. Salah satu Pajak Daerah yang dikelola oleh Pemerintah Kota Bandung adalah pajak BPHTB. Fenomena yang terjadi pada penelitian ini yaitu penerimaan pajak BPHTB pada tahun 2014-2016 tidak mencapai target yang sudah ditentukan padahal banyak terjadi transaksi, begitu pula dengan penerimaan Pendapatan Asli Dearah yang tidak mencapai target yang ditetapkan pada tahun 2014-2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran pengaruh parsial serta simultan Tepat Waktu, Tepat Kualitas, dan Tepat Kuantitas tentang efektivitas pemungutan pajak BPHTB dan besaran pengaruh simultan Efektivitas Pemungutan Pajak BPHTB terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Dearah di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori Adam Ibrahim Indrawijaya (2010:176) efektivitas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target kualitas, kuantitas dan tepat waktu telah tercapai. Sedangkan untuk Peningkatan PAD menggunakan Taruna Kosasih (2000:63) bahwa untuk memaksimalkan pendapatan Asli Daerah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu intensifikasi dan ektensifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penyebaran kuisioner kepada pegawai Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu.Langkah-langkah analisis data yang digunakan yaitu Uji Validitas,Uji Reliabilitas, Regresi Linier Berganda, Uji Parsial, Uji Simultan (Uji f), Uji Koefisiensi Determinasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Variabel Tepat Waktu Tepat Kualitas dan Tepat Kuantitas memberikan pengaruh terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah karena nilai Fhitung > Ftabel (83.876>2.72) maka Ho ditolak, yang artinya secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Tepat Waktu, Tepat Kualitas Dan Tepat Kuantitas terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung. Persentase pengaruh (TepatWaktu, Tepat Kualitas Dan Tepat Kuantitas) terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah sebesar 77,1 %. Hal ini menunjukan bahwa persentase pengaruh variabel independen (TepatWaktu, Tepat Kualitas Dan Tepat Kuantitas) terhadap variable dependen yaitu Peningkatan Pendapatan Asli Daerah sebesar 77,1 % sedangkan 22,9 % dipengaruhi oleh Variabel lain yang tidak ditelliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pemungutan Pajak BPHTB (Tepat Waktu, Tepat Kualitas danTepat Kuantitas) ;PeningkatanPendapatanAsli Daerah.
Subjects: Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: De Sita Rahmalia
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:13
Last Modified: 11 Jul 2018 04:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10960

Actions (login required)

View Item View Item