Manajemen strategi pondok pesantren dalam meningkatkan kinerja pengurus: studi deskriptif Pondok Pesantren Al-Falah Kec. Banjaran Kab. Bandung

Muplihah, Vella Andriani (2018) Manajemen strategi pondok pesantren dalam meningkatkan kinerja pengurus: studi deskriptif Pondok Pesantren Al-Falah Kec. Banjaran Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN SGD Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu tempat pendidikan Islam. lahirnya suatu pesantren berawal dari beberapa elemen dasar, salah satunya adalah pengurus pondok pesantren. Pengurus merupakan elemen yang sangat esensial bagi suatu pesantren dan sangat berpengaruh untuk kelangsungan program pondok pesantren. Dalam pelaksanaanya, pondok pesantren haruslah didukung oleh pemanfaatan ilmu manajemen strategi yang nantinya akan membantu untuk mengangkat kualitas Pengurus Pondok Pesantren Al-Falah menjadi lebih baik secara individu dan memberikan pengaruh yang baik pula untuk pelaksanaan program pesantren. Tujuan dari penelitan ini yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi Pondok Pesantren Al-Falah dalam meningkatkan kinerja pengurus. Yang di dalamnya meliputi formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi Pondok Pesantren Al-Falah dalam meningkatkan kinerja pengurus. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentungan harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitin ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Teori ini merupakan teori dari John A. Pearce II Richard B. Robinson, Jr, 2014 : 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa keputusan strategi Pondok Pesantren Al-Falah adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yang diformulasikan dalam strategi utama berupa pertumbuhan terkonsentrasi, berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternalnya, juga implementasi yang terkoordinir. Serta tingkat evaluasi startegi yang intensif sehingga inovasi dan pengendalian strategi selalu sesuai dengan tuntutan dan perubahan zaman. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi pada Pondok Pesantren AL-Falah telah dijalankan dengan baik dan menunjukkan keberhasilan yang signifikan dalam upaya meningkatkan kinerja pengurus. Implikasi penelitian ini yaitu: 1) bagi pengurus santri diharapkan agar bisa meningkatkan kinerjanya dan lebih semangat lagi dalam mengadakan kegiatan keagamaan. 2) Diharapkan kekuatan semangat dan percaya diri yang ada agar tetap dipertahankan dan kelemahannya dapat di perbaiki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi; Pondok pesantren;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Cecep Abdu Rohman
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:31
Last Modified: 07 Dec 2018 12:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10977

Actions (login required)

View Item View Item