Model persekolahan modern dalam upaya perwujudan masyarakat kompetitif dan inovatif: Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School Bandung

Setiawan, Luky (2018) Model persekolahan modern dalam upaya perwujudan masyarakat kompetitif dan inovatif: Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia di era modern dan menjadi prioritas yang penting bagi masyarakat Indonesia sehingga memberikan minat berbagai lembaga pendidikan untuk mendirikan sekolah-sekolah yang bermutu, termasuk lembaga-lembaga yang berasal dari luar negeri. Salah satunya adalah Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School Bandung yang bekerjasama dengan Cambridge International School.Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana sistem pendidikan di Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School?. 2). Bagaimana proses pendidikan di Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School yang sejalan dengan konsep modernisme?. 3). Bagaimana upaya Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School dalam menciptakan masyarakat kompetitif dan inovatif?. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Modernitas dari Anthony Giddens, yaitu Modernisasi ditandai dengan institusi modern yang mencirikannya tidak ditemukan pada masyarakat sebelumnya. Modernitas masa kini sebagai suatu juggernaut (kereta pelindas), yakni setidaknya pada derajat tertentu berada diluar kendali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penentuan subjek tersebut terdiri dari 10 (sepuluh), yang terdiri dari Kepala Yayasan, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Sekertaris dan Siswa sebagai sumber primer yang di wawancarai dan penggunaan data tambahan peneliti mencari data dalam bentuk modul dan brosur. Hasil penelitian di dapatkan 1). Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School memiliki model pendidikan yang berkurikulum internasional dengan memadukan kurikulum internasional dan nasional, yang menjadi prinsip dari Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School adalah dengan adanya kelas olimpiade dengan penekanan pada mata pelajaran sains, sistem dwibahasa, guru nasional dan internasional sebagai fasilitator pengajar, penerapan konsep asrama dengan pembinaan yang intens. 2). Proses pendidikan di Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School terdapat pada kualitas pendidikan yang pada penyelenggaraanya yang perlu diperhatikan adalah dua segi, yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaannya, terdapat pada sarana-prasarana dan sumber daya pengajar yang kompeten. 3). Upaya siswa dan guru di Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School dalam mewujudkan masyarakat (sekolah) yang kompetitif dan inovatif adalah dengan cara mentransformasikan prestasi akademik seperti, kejuaraan dalam ajang olimpiade nasional maupun internasional, melakukan project penelitian dan publikasi ilmiah dalam bentuk pameran atau lokakarya. Sebagai peran sosialnya siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Pribadi Bilingual Boarding School beberapa prestasi akademik tadi telah menjadi rolemodel kepada pihak pemerintahan juga akan di aplikasikan pada kebutuhan dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persekolahan Modern; Modernitas; Kompetitif dan Inovatif.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Luky Setiawan
Date Deposited: 11 Jul 2018 08:58
Last Modified: 11 Jul 2018 08:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10980

Actions (login required)

View Item View Item