Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Keterampilan Wirausaha Produk Beras Ketan : Studi Analisis, Pemberdayaan Perempuan di Desa Cinyasag Panawangan Kabupaten Ciamis

A. Rusdiana, A. Rusdiana (2012) Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Keterampilan Wirausaha Produk Beras Ketan : Studi Analisis, Pemberdayaan Perempuan di Desa Cinyasag Panawangan Kabupaten Ciamis. Project Report. Lembaga Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
06-Penelitian KWU Prp Opak Cinyasag2012.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Pemberdayaan Perempuan sangat penting; mengingat adanya fenomena perempuan desa Cinyasag khususnya, dianggap belum mampu memberdayakan potensi daerahnya khususnya beras ketan sebagai potensi lokal yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan melalui pelatihan keterampilan wirausaha produk opak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan para perempuan di desa Cinyasag Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis Jawa Barat, sehingga paada saatnya dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan (action research). Berdasarkan akar permasalahan tersebut dan sesuai dengan siklus penelitian tindakan (action research) yang terdiri dari perancangan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi pemberdayaan perempuan melalui ketrampilan wirausaha opak ketan dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mengolah opak ketan. Strategi ini dengan beberapa kali siklus yang secara bertahap mengajarkan langkah-langkah mengembangkan kegiatan wirausaha ternyata dapat juga meningkatkan motivasi berwirausaha.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Production, Industrial Economics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 13:23
Last Modified: 10 Jul 2018 13:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10988

Actions (login required)

View Item View Item