Penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem) : Penelitian di MTs Al-Misbah Cipadung Kota Bandung

A. Rusdiana, A. Rusdiana (2014) Penerapan pendidikan karakter melalui pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem) : Penelitian di MTs Al-Misbah Cipadung Kota Bandung. Project Report. Lembaga Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
09_Penelitian_pendidikan_tingkatan_ 2014.pdf

Download (491kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih kurangnya pemahaman guru tentang teknik dan cara mengintegrasikan nilai karakter bangsa dalam KBM, khususnya di MTs Al-Misbah Cipadung Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model integrasi penerapan Pendidikan Karakter dalam KBM di MTs AlMisbah. Metode yang digukan adalah analisis deskriptif dengan mengambil 3 orang guru, Guru PKn, Guru Agama dan Guru Seni Budaya. Manfaat kegiatan penelitian ini: bagi guru, kemampuan menerapkan PAKEM akan memberi kemudahan dalam melaksanakan tugas mengajarnya, karena yang lebih aktif adalah siswa, sedangkan guru akan lebih banyak berperan sebagai fasiliator; bagi siswa, akan termotivasi semangat belajarnya sehingga akan menambah keberanian untuk bertanya, menjawab, melakukan sesuatu tindakan yang berpola terstruktur, menemukan dan mengembangkan ide-ide baru, sehingga aktivitas dan antusias belajar siswa lebih meningkat. bagi Madrasah meningkatkan daya tawar madrasah di era persaingan global. Simpulan penelitian ini: Kegiatan bimbingan penerapan PAKEM bagi guru yang dilaksanakan kepala MTs Al-Misbah telah terlaksana dengan baik dan memberi kontribusi terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan guru tentang penerapan pendekatan PAKEM dalam KBM. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman dan keterampilan guru tentang penerapan PAKEM dalam KBM berimplikasi pada peningkatan partisipasi atau keaktifan siswa terhadap keterlaksanaan nilai-nilai karakter bangsa, seperti nilai kerja keras, kerjasama, saling menghargai dan sebagainya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 13:54
Last Modified: 10 Jul 2018 13:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10991

Actions (login required)

View Item View Item