Pola asuh orang tua terhadap anak pada masyarakat urban : Penelitian tentang pola pengasuhan anak pada keluarga karir Di Perumahan Cluster Pesona Florida Desa Ciangsana Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor

Guspitasari, Yesi (2017) Pola asuh orang tua terhadap anak pada masyarakat urban : Penelitian tentang pola pengasuhan anak pada keluarga karir Di Perumahan Cluster Pesona Florida Desa Ciangsana Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Pola asuh merupakan bentuk interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pengasuhan yang berarti orang tua mendidik, membimbing, dan medisiplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam lingkungan setempat dan masyarakat. Terkadang waktu yang dimiliki orang tua dalam memberikan perhatian terhadap anak terjadi secara tidak maksimal karena mereka memiliki kesibukan terhadap pekerjaannya. Oleh karena itu orang tua di Perumahan Cluster Pesona Florida dituntut untuk dapat memanfaatkan waktu dengan baik, agar orang tua dapat menjalankan perannya terutama dalam pola pengasuhan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan keluarga karir di Perumahan Cluster Pesona Florida, faktor pendukung dan penghambat serta hasil pola asuh yang diterapkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Struktur Fungsional Talcot Parson, yang mana terbentuk dalam skema AGIL, A (Adaptation), artinya bahwa sebuah sistem harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan menyesuaikan lingkungan itu dengan kebutuhan. G (Goal Attainment), artinya bahwa sebuah sistem harus mampu mencapai tujuan. I (Integration), satu kesatuan atau keterkaitan antara satu dengan lainnya harus bekerjasama. L (Latency), keseimbangan bagaimana sebuah sistem itu tetap berkembang dan bisa menjadi agen perubahan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pola asuh keluarga karir di Perumahan Cluster Pesona Florida adalah pola asuh situasional (pola asuh campuran). Pola asuh orang tua ini orang tua tidak selamanya memberikan alternatif seperti halnya pola asuh demokratis, akan tetapi juga tidak selamanya melarang seperti halnya orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dan juga tidak secara terus membiarkan anak seperti pada penerapan pola asuh permisif. Faktor pendukung pola asuh orang tua karir adalah keadaan ekonomi, tingkat pendidikan, dan bantuan dari pihak lain. Adapun faktor yang menghambatnya adalah pekerjaan yang menyebabkan keterbatasan waktu dan kelelahan. Hasil pola asuh yang diterapkan orang tua karir yaitu pola asuh situasional menjadikan anak mereka mandiri, penurut, pengalaman agama dan perilaku sosial yang baik. Kemudian anak dari keluarga karir pun termasuk anak yang berprestasi. Anak yang masih balita tumbuh dengan baik dan tidak kekurangan apapun serta selalu terawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keluarga; pola asuh ; tipe tipe pola asuh
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Yesi Guspitasari
Date Deposited: 12 Jul 2018 02:51
Last Modified: 12 Jul 2018 02:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item