Penggunaan bahasa jurnalistik pada Soft News di Media Online : analisis isi pada Soft News di rubrik Destinasi Tribun Jabar online, Edisi September 2017

Rahman, Aulia (2018) Penggunaan bahasa jurnalistik pada Soft News di Media Online : analisis isi pada Soft News di rubrik Destinasi Tribun Jabar online, Edisi September 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai media online ternama di Jawa Barat Tribun Jabar Online tentunya harus menyajikan berita sesuai kaidah bahasa jurnalistik yang benar dan tepat, agar pemberitaan berlangsung efektif. Bahasa pada sebuah berita merupakan sarana penyampaian informasi. Jelas atau tidaknya informasi yang disajikan dapat di tentukan oleh baik buruknya bahasa yang digunakan. Penerapan bahasa yang baik dan benar dapat memudahkan khalayak untuk menyerap informasi dari berita secara jelas. Jika suatu berita memiliki tatanan bahasa yang kacau, khalayak akan sulit mencerna informasi yang terkandung dalam berita tersebut. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untk mengungkapkan penjelasan penerapan bahasa jurnalistik dilihat dari ejaan yang disempurnakan dan penggunaan kalimat jurnalistik pada situs Tribun Jabar Online. Penelitian menggunakan metode analisis isi menggunakan formula Korbe dan Burnnet yang bersifat kuantitatif. Dalam analisis isi yang dibedah adalah pesan yang ditekankan pada bahasa dan bagaimana penelitian memaknakan isi komunikasi, membaca simbol-simbol serta memaknakan isi interkasi simbolis yang terjadi dalam komunikasi. Penelitian ini mengacu pada kategori ketepatan EYD dan penggunaan kalimat jurnalistik. Peneliti juga melakukan pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan studi pustaka untuk mengetahui bagaimana standar operasional penulisan bahasa jurnalistik yang berlaku di Tribun Jabar Online? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan bahasa jurnalistik dilihat dari ejaan yang disempurnakan dan penggunaan kalimat jurnalistik pada soft news rubrik destinasi Tribun Jabar Online edisi September 2017. Hasil penelitian yang dilakukan pada 10 berita di Rubrik Destinasi Tribun Jabar Online dapat disimpulkan, pertama 9 dari 10 berita yang menggunakan EYD dengan tepat dengan tingkat ketepatan sedang yakni 90%.. Kedua 10 berita menggunakan kalimat jurnalistik dengan tingkat sangat tinggi yakni 100%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Bahasa Jurnalistik; Tribun Jabar
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Aulia Rahman
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:29
Last Modified: 13 Jul 2018 07:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item