Kompetensi Guru Fisika Berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan Menggunakan Model Magnusson pada Pembelajaran Usaha dan Energi

Al Adawiyah, Nida Robiah (2018) Kompetensi Guru Fisika Berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan Menggunakan Model Magnusson pada Pembelajaran Usaha dan Energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran di lapangan merupakan faktor sangat penting dalam mewujudkan pembelajaran yang bermakna. Seyogianya seorang guru mempunyai kompetensi tentang bagaimana mengajarkan materi pelajaran kepada peserta didiknya. Kompetensi tersebut dapat menuntun guru untuk merangkai situasi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu atau kelompok peserta didik. Pengetahuan yang menghubungkan antara materi pelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik dengan cara membelajarkannya disebut Pedagogical Content Knowledge (PCK). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kompetensi guru fisika pada pembelajaran usaha dan energy melalui analisis RPP dan tanggapan peserta didik 2) mendeskripsikan kompetensi guru fisika pada pembelajaran usaha dan energi berdasarkan PCK model Magnusson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru fisika di SMA Al-Islam Bandung. Hasil penelitian menunjukkan 1) melalui analisis RPP dan tanggapan peserta didik, kompetensi guru fisika dalam membelajarkan konsep usaha dan energi pada umumnya sudah dapat mempertimbangkan kondisi peserta didik dan cukup fleksibel dalam penyusunan tujuanpembelajran usaha dan energi, serta pemilihan konsep yang baik. 2) Guru dapat menggambarkan kompetensi pengetahuannya berdasarkan PCK model Magnusson pada pembelajaran usaha dan energi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penting untuk mendeskripsikan kemampuan PCK guru agar diketahui kelebihan dan kekurangan serta apa yang bisa dikembangkan dari kemampuan PCK guru tersebut, sehingga senantiasa lebih baik dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PCK;Magnusson;Kompetensi Guru;Usaha dan Energi
Subjects: Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nida Robiah Al Adawiyah
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:59
Last Modified: 12 Jul 2018 07:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item