Implementasi peraturan daerah Kabupaten Bogor nomor 9 tahun 2008 terhadap warga negara asing yang menetap tinggal ditinjau dari siyasah dauliyah

Arifin, Zaenal (2018) Implementasi peraturan daerah Kabupaten Bogor nomor 9 tahun 2008 terhadap warga negara asing yang menetap tinggal ditinjau dari siyasah dauliyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Warga Negara Asing ialah seseorang yang tinggal dan menetap di sebuah negara tertentu namun bukan berasal dari negara tersebut dan juga tidak secara resmi tedaftar sebagai warga negara. Implentasi Kebijakan merupakan gambar atau pola dalam meyelesaikan masalah-masalah tujuanya dibuat agar setiap warga negara asing mempuyai hak yang sama dengan warga pribumi. Upaya pemerintahan Kabupaten Bogor sering terkendala dengan pelanggaran yang dilakukan oleh warga negara Asing yang menggunakan visa kunjungan di jadikan untuk bekerja dan tinggal menetap. Penelitian ini berangkat dari masalah-masalah sebagai berikut: pertama Apakah Kebijakan Pemerintahan Kabupaten Bogor terhadap Warga Negara Asing yang menetap tinggal diwilayah Kabupaten Bogor. Kedua Bagaimana Kebijakan keimigrasian kabupaten Bogor menurut perda No 9 Tahun 2008 tentang penyelenggraan Adminitrasi Kependudukan.ketiga Bagaimana tinjuan Siyasah Dauliyah terhadap peraturan Daerah Kabupaten Bogor No 9 Tahun. Penelitian ini untuk mengetahui upaya apa saja yang di lakukan untuk mengawasi orang asing yang menetap tinggal di wilayah Kabupaten Bogor, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor tentang Administrasi kependudukan. Penelitian ini berasal dari pemikiran Siyasah Dauliyah, yakni hubungan antara negara satu dengan negara lain dan hubungan warga negara dengan negara lain. Etika hubungan berdasarkan Syari’at Islam dan pengaturan yang mengacu pada prinsip-prinsip yang digali dari al-Qur’an dan al-Hadis, di implementasikan dalam sebuah kebijakan yang mempunyai tujuan untuk memberi kemaslahatan kepada semua orang. Dengan adanya kebijakan terhadap warga negara asing. Adapun dalam Islam mengatur kebijakan mengenai dar Al-Islam dan dar harb berlandaskan prinsip al-musawah (persaman). Metode yang digunakan dalam penellitian ini merupakan penelitian hukum yuridis empiris. Jenis penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah kepustakaan (field research) yang bersifat deskriptif-analisis. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Bahan Hukum primernya yaitu Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2008 tentang Administrasi kependudukan. Penelitian ini dapat ditarik kesimpulannya diantaranya: pertama, bahwa Implentasi Kebijakan tentang kependudukan yang telah ditetapkan oleh pemerintahan Kabupaten Bogor adalah penertiban dan pengawasan administrasi kependudukan untuk WNA. kedua Dalam upaya penetapan kebijakan administrasi kependudukan WNA yang tertuang dalam Perda No.09 Tahun 2008 Tentang Administrasi kependudukan merupakan ruang lingkup hubungan Internasional tentang status warga Negara asing. ketiga. Dalam Islam prinsip mengenai hubungan Internasional adalah prinsip karomah insaniyah dan al musawah yang mempersamakan status kependudukan. Kebijakan pemerintah kabupaten Bogor terhadap warga negara Asing telah sesuai dengan prinsip siyasah dauliyah yaitu prinsip karomah insaniyah dan al musawah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:22
Last Modified: 12 Jul 2018 08:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11122

Actions (login required)

View Item View Item