Pengaruh pendapatan margin murabahah dan pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap total aset pada PT Bank Maybank Syariah Indonesia

Zahara, Rismayanti (2018) Pengaruh pendapatan margin murabahah dan pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap total aset pada PT Bank Maybank Syariah Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Margin atau keuntungan merupakan nilai yang diperoleh oleh bank dalam melaksanakan kegiatan operasinya. Murabahah adalah transaksi saling menguntungkan yang dilakukan oleh pemilik harta (shahib al-mal) dengan pihak yang membutuhkan dana melalui transaksi jual-beli. Pendapatan Margin Murabahah merupakan pendapatan yang diperoleh dari pembiayaan murabahah yang disalurkan oleh bank. Bagi hasil adalah bentuk return dari kontrak investasi, dari waktu ke waktu tidak pasti dan tidak tetap, besar kecilnya perolehan kembali itu bergantung pada hasil usaha yang benar-benar terjadi. Musyarakah adalah akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan risiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan. Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah merupakan pendapatan yang diperoleh dari pembiayaan musyarakah yang disalurkan oleh bank. Semakin besar jumlah pendapatan yang diperoleh bank maka semakin tinggi pula Total Aset bank tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Pendapatan Margin Murabahah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Total Aset pada PT Bank Maybank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, dan uji F. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT Bank Maybank Syariah Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Pendapatan Margin Murabahah terhadap Total Aset dibuktikan dengan hasil pengujian statistik yaitu thitung < ttabel (1,134 < 2,262) dan nilai signifikansinya 0.286 > 0.05. Kemudian Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Total Aset dibuktikan dengan hasil pengujian statistik menunjukkan thitung < ttabel (0,359 < 2,262) dan nilai signifikansinya 0,728 > 0.05 . Sedangkan secara simultan juga menunjukkan hasil bahwa Pendapatan Margin Murabahah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap Total Aset dengan hasil pengujian statistik yaitu Fhitung < Ftabel (1,419 < 4,46) dan nilai signifikansinya 0.297 > 0.05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan margin murabahah; pendapatan bagi hasil musyarakah; total aset
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rismayanti Zahara
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:49
Last Modified: 26 Jul 2018 04:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11155

Actions (login required)

View Item View Item