Pengelolaan Motivasi Para Santri Dalam Meningkatkan Kualitas Tahfidz Quran Melalui Mukhoyam Al-Quran: Penelitian di Rumah Quran Indonesia (RQI) Bandung

Arisma, Arisma (2018) Pengelolaan Motivasi Para Santri Dalam Meningkatkan Kualitas Tahfidz Quran Melalui Mukhoyam Al-Quran: Penelitian di Rumah Quran Indonesia (RQI) Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi ialah suatu perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Timbulnya motivasi dikarenakan seseorang merasakan sesuatu kebutuhan tertentu dan karenanya perbuatan tersebut terarah pada pencapaian tujuan tertentu. Tingkah laku seseorang dipengaruhi serta dirangsang oleh keinginan, tujuan, kebutuhan, dan kepuasannya. Pengelolaan motivasi disebut juga pemberian motivasi ustadz/pengurus yang diberikan melalui kegiatan Mukhoyam Al-Quran dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kepada para santri agar menjadi dorongan atau semangat tinggi untuk dapat menghafal Al-Quran dengan baik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk program dalam kegiatan Mukhoyam Al-Quran, untuk mengetahui proses yang ditanamkan para santri dalam meningkatkan kualitas menghafal santri, evaluasi dari kegiatan Mukhoyam Al-Quran. Tahfidz Al-Quran merupakan suatu proses menghafal ayat-ayat suci Allah yang mengandung ilmu pengetauan, Pada dasarnya umat Islam berkewajiban untuk menjaga dan memelihara Al-Quran, seseorang yang dapat menghafal dan menjaga Al-Quran ia termasuk keluarga Allah SWT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan kondisi pengelolaan motivasi para santri dalam meningkatkan kualitas tahfidz Quran melalui Mukhoyam Al-Quran, yang dilakukan dengan teknik mengumpulkan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian dalam kegiatan Mukhoyam Al-Quran adalah bentuk program yang memadukan antara perkemahan dengan kegiatan tahfidz Quran, proses penanaman motivasi dengan materi kegiatan Mukhoyam Al-Quran yang kemudian diaplikasikan langsung dalam kegiatan tersebut, evaluasi santri dapat menghafal, memahami dan mentadabburi Al-Quran. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap santri memiliki motivasi masing-masing dan motivasi tersebut dikelola atau dikembangkan oleh lembaga Rumah Quran Indonesia (RQI), dengan kegiatan Mukhoyam Al-Quran ini, santri selain ditanamkan nilai-nilai agama juga ditempa dengan suatu kegiatan mental, mentadabburi isi kandungan Al-Quran agar santri menjadi penghafal Al-Quran sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Motivasi Para Santri; Meningkatkan Kualitas Tahfiddz Quran; Mukhoyam Al-Quran
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Arisma Arisma ADAS
Date Deposited: 23 Jul 2018 07:25
Last Modified: 23 Jul 2018 07:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11175

Actions (login required)

View Item View Item