Penerapan Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah) Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah Di Kantor Urusan Agama Cimahi Selatan

Nita, Ayu Oktavia (2018) Penerapan Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah) Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Nikah Di Kantor Urusan Agama Cimahi Selatan. Diploma thesis, UIN SGD Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2018.

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2018.

Download (303kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2018.

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2018.

Download (99kB)

Abstract

Simkah adalah singkatan dari "Sistem Informasi Manajeman Nikah" sebuah program Aplikasi Komputer berbasis Windows yang berguna untuk mengumpulkan data-data nikah dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Wilayah Republik Indonesia secara "online",data akan tersimpan dengan aman di KUA setempat, di kabupaten/kota di Kantor Wilayah Propinsi dan di Bimas Islam. Data-data tersebut berguna untuk membuat berbagai analisa dan laporan sesuai dengan berbagai keperluan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas penerapan Simkah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pernikahan di KUA Cimahi Selatan. Dilihat dari segi mekanisme Simkah, efektivitas program Simkah, dan evaluasi program Simkah yang ada di KUA Cimahi Selatan. Sistem Informasi Manajemen mendukung terhadap aktivitas pengelolaan data informasi terutama berkaitan dengan sumber informasi, ketepatan informasi, arus informasi dan perluasan dalam proses pengumpulan informasi. Sehingga akan lebih mengefektifkan pelayanan administrasi. Kepuasan akan jasa layanan publik dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: (1) kualitas jenis layanan; (2) kualitas pelayanan, yang dipersepsikan lima dimensi ukuran servqual yaitu: bukti nyata (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), keyakinan (assurance), dan kepedulian (emphaty); (3) faktor emosional; (4) kepuasan harga/biaya layanan dan (5) biaya dan kemudahan Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu peristiwa, keadaan, dan objek. Penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah) di KUA Cimahi Selatan dilihat dari segi 1) Mekanisme Simkah, proses transaksi pendaftaran nikah oleh Simkah dapat menghasilkan beberapa output yaitu pencetakan buku nikah. 2) Efektivitas program Simkah proses pencatatan pendaftaran nikah ataupun rujuk sudah terdokumentasi dengan baik dan dapat dilakukan secara online. 3) Evaluasi program Simkah, evaluasi yang dilakukan oleh KUA Cimahi Selatan berdasarkan periode waktu tertentu yaitu bisa dilihat dari bulanan, triwulan, 6 bulan dan 1 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simakah; Mutu; Pelayanan Nikah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Cecep Abdu Rohman
Date Deposited: 18 Jul 2018 02:55
Last Modified: 18 Jul 2018 02:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item