Manajemen publikasi kegiatan masjid Agung Trans Studio Mall Bandung: studi kasus tentang poster kajian bidang humas di media sosial

Mariyam, Siti (2018) Manajemen publikasi kegiatan masjid Agung Trans Studio Mall Bandung: studi kasus tentang poster kajian bidang humas di media sosial. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Masjid Trans Studio Bandung dibangun sangat megah, berbeda dengan musholla kecil yang disediakan di kawasan-kawasan hiburan dan pusat perbelanjaan lainnya. Kajian-kajian keIslāman yang diselenggarakan di masjid TSB ini selalu dihadiri oleh ribuan jamaah, dan untuk dapat konsisten dengan penyelenggaraan kajian keagamaan, bidang humas memiliki strategi manajemen dalam melakukan publikasi sehingga dapat menghadirkan jamah yang banyak. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan manajemen publikasi kegiatan yang terbukti efektif dilakukan di media sosial oleh bidang Humas DKM masjid TSB. Maka untuk dapat mengungkapkan manajemen komunikasi publikasi yang dilakukan oleh bidang Humas pada media sosial penelitian ini dipandang perlu untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan oleh bidang Humas dalam publikasi poster kajian. Penelitian ini didasarkan pada teori manajemen komunikasi, dengan asumsi bahswa peroses mengelola komunikasi melalui penyususnan kerangka makna dalam kontek komunikasi dengan mengoptimalisasi sumberdaya komunikasi dan teknologi yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, teknik dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan publikasi kegiatan yang dilakukan oleh bidang Humas masjid Trans Studio Bandung meliputi: a) mengakomodir mitra taklim yang mengajukan kegiatan kajian, b) membuat time-line untuk fixasi waktu, pengisi dan tema kajian dari mitra taklim yang mengajukan kegiatan, dan c) menentukan penanggungjawab time-line yang telah dibuat. (2) Pengorganisasian publikasi kegiatan yang dialakukan bidang Humas adalah a) mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi internal bidang Humas, b) membuat jalur koordinasi dengan mitra taklim yang akan menyelenggarakan kajian melalui grup whatsapp, dan c) melakukan tatap muka dengan calon mitra taklim untuk membicarakan teknis kegiatan. (3) Pelaksanaan publikasi yang dilakukan adalah a) pencanangan waktu kegiatan, b) penentuan pengisi kajian, c) pembuatan tema kegiatan, d) menjadwalkan kajian di website resmi, d) membuat atau menerima poster kajian dengan desain yang menarik, dan e) mempublikasikan poster kegiatan di media sosial instagram. (4) Pengawasan publikasi poster kajian yang dilakukan oleh bidang Humas ini menggunakan dilakuakan dengan suasana yang rileks, santai dan informal dan dibawah pengawasan Dewan Penasehat Prof. KH Miftah Faridl. Pengawasan ini meliputi : a) mengtimalkan penanggungjawab dari setiap time-line yang telah ditentukan, dan b) berkoordinasi dengan mitra talklim tekait kesiapan pengisi dan teknis kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Komunikasi; Masjid TSM; Manajemen Masjid;
Subjects: Relationship of Libraries
Relation of The State of Organized Groups
Management Housekeeping > Public Household, Servant
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Setiawan karso
Date Deposited: 11 Dec 2018 07:45
Last Modified: 12 Jun 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item