Peranan Yayasan Purwadaksina Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat: Analisis Struktural Fungsional Yayasan Purwadaksina di Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis

Nurhayati, Enur (2016) Peranan Yayasan Purwadaksina Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat: Analisis Struktural Fungsional Yayasan Purwadaksina di Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat setimggi-tingginya perlu diusahakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima serta dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk dapat melakukan upaya tersebut salah satu hal yang perlu dilakukan dan mempunyai peranan penting adalah menyelenggrakan pelayanan kesehatan. Yayasan Purwadaksina merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang pemberdayaan Ummat di desa dan juga sebagai fasilitator yang dapat membantu masyarakat ketika mengalami masalah dalam bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program-program yayasan purwadaksina dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di desa Cisontrol kecamatan Rancah kabupaten Ciamis, peranan yayasan purwadaksina dalam meningkatkan kesehatan masyarakat desa Cisontrol kecamatan Rancah kabupaten Ciamis, serta faktor penghambat dan pendukung yayasan purwadaksina dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons yang di dalamnya melihat lembaga sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling dengan berhubungan satu yang lainnya. Parsons sangat yakin bahwa ada empat fungsi penting diperlukan semua sistem yaitu Adaptation, goal attaitment, Integration, dan Latency. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan menganalisis dokumen. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Program kegiatan yang diselenggrakan oleh yayasan purwadaksina untuk meningkatkan kesehatan masyarakat desa Cisontrol dengan menyelenggarakan pelayanan kesehatan dengan mendirikan klinik purwa sehat, mengadakan bakti sosial pengobatan bebas biaya dan juga menyelenggarakan khitanan masal. Kedua, peranan yayasan purwadaksina dapat dilihat dari sisi perubahan sosial terdapat sebuah perubahan dimana sebelum adanya yayasan purwadaksina masyarakat lebih banyak berobat pada mantri kesehatan namun setelah adanya yayasan purwadaksina kesadaran masyarakat untuk berobat pada medis lebih meningkat. Ketiga, faktor penghambat yayasan purwadaksina dalam meningkattkan kesehatan masyarakat antara lain terbatasnya tenaga medis yang ada, tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah, kurangnya kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada. Faktor pendukung diantaranya banyaknya tokoh-tokoh yang berasal dari Desa Cisontrol yang berada di kota pengembaraan mempunyai kepedulian yang sangat besar terhadap kampung halamannya, Tersedianya sarana dan fasilitas bagi pelaksanaan program peningkatan kesehatan, serta antusiasme masyarakat yang cukup besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kesehatan; masyarakat
Subjects: Public Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Enur Nurhayati
Date Deposited: 17 Jul 2018 03:41
Last Modified: 17 Jul 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item