Karakteristik Komunitas Anak Jalanan Pasir Wangi : Studi Deskriptif di Kelurahan Pasir Wangi Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung

Husna, Liya (2018) Karakteristik Komunitas Anak Jalanan Pasir Wangi : Studi Deskriptif di Kelurahan Pasir Wangi Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Anak jalanan merupakan fenomena sosial dari salah satu permasalahan sosial yang muncul di tengah kehidupan bermasyarakat. Banyak lembaga pemerintah maupun lembaga sosial dengan berbagai program yang peduli serta bekerja keras dalam menangani masalah sosial tersebut akan tetapi sejauh ini masih terlihat anak-anak di jalanan, di lampu merah, di emperan toko-toko, di alun-alun kota, serta di angkutan umum dengan aktivitas mengamen. Seperti halnya di daerah kelurahan Pasir Wangi kecamatan Ujung Berung kota Bandung, masyarakat usia produktif di Pasir Wangi lebih dominan dibandingkan dengan usia nonproduktif. Oleh itu perlu adanya pengetahuan tentang anak-anak Pasir Wangi yang turun di jalanan terkait mereka adalah berusia 14 sampai 20 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang karakteristik komunitas anak jalanan Pasir Wangi, anak jalanan Pasir Wangi dalam membangun kerjasama dan berbagi kasih sayang, serta rutinitas anak jalanan Pasir Wangi. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Karakteristik Komunitas. Teori ini merupakan teori dari Agus Sjafari (2014:67-68) asumsi dasarnya adalah karakteristik komunitas merupakan kondisi yang menjelaskan tentang eksistensi para anggota yang dibentuk oleh keluarga miskin di perkotaan meliputi tingkat keeratan hubungan anggota, tingkat saling pengertian antar anggota, tingkat intensitas kekompakan, tingkat kerjasama anggota, suasana komunitas serta konflik dalam komunitas tersebut. Penelitian ini dilakukan berlandaskan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif dan paradigma kontruktivisme dengan menggunakan data primer ialah observasi serta wawancara terhadap pihak yang bersangkutan terhadap objek kajian penelitian daerah tersebut, didukung oleh dokumentasi yang relevan dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa karakteristik komunitas anak jalanan Pasir Wangi 50% faktor ekonomi orangtua sedangkan sisanya faktor lingkungan sosial (pertemanan) dan faktor keluarga. Anak jalanan Pasir Wangi tergolong dalam kelompok children on the street. Rata-rata anak jalanan Pasir Wangi berusia 14 sampai 21 tahun. Mereka sudah tidak bersekolah, mengenyam pendidikan tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah lanjut tingkat pertama (SLTP), dalam membangun kerjasama dan berbagi kasih sayang mereka cenderung memberikan kesan yang baik dan kuat dengan sikap solidaritas antara satu dengan yang lainnya berlandaskan seperasaan, sepenanggungan dan saling membutuhkan. Rutinitas anak jalanan Pasir Wangi sebagian besar mereka habiskan waktu untuk bekerja di jalanan dengan mengamen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Komunitas ; Anak Jalanan
Subjects: Communities
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Liya Husna
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:33
Last Modified: 19 Jul 2018 02:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11399

Actions (login required)

View Item View Item